Site icon Beritaenam.com

Orang Filipina Mendefinisikan Ulang Makanan Nyaman Saat Bisnis Online Melesat Selama Pandemi

[ad_1]

Kolase: VICE / Gambar: Atas kebaikan penulis dan subjek

Lebih dari enam bulan pembatasan pandemi di Filipina menghancurkan suasana restorannya, tetapi mereka juga membantu koki amatir menemukan kembali pecinta kuliner batin mereka dan menyiapkan hidangan untuk audiens yang tertawan secara online.
Dari favorit tradisional dengan sentuhan baru hingga makanan panggang klasik, persembahan gado-gado disajikan setiap hari di akun Facebook dan Instagram, di mana penjual giat yang datang dari berbagai karier memenuhi pesanan, mengirimkan pengiriman, atau sekadar mengirim makanan yang menenangkan ke teman.
“Saya dulu memanggang di perguruan tinggi, itu adalah hobi saya, tetapi saya tidak punya waktu terutama selama tahun-tahun terakhir kuliah dan ketika saya mulai bekerja di perusahaan,” kata Alex Ledesma, yang tinggal di Manila dan memiliki latar belakang pemasaran. “Jadi saya benar-benar mulai memanggang lagi selama karantina karena sebenarnya tidak banyak yang harus dilakukan.”
Resep pertamanya terinspirasi oleh kenikmatan krim manis yang dia coba dalam perjalanan keluarga ke Spanyol setahun yang lalu. Kue keju gosong yang terinspirasi dari Basque yang dia sajikan di pesta ulang tahun orangtuanya langsung menjadi hit, dengan kerabat, dan segera teman-temannya, membanjiri dia dengan pesanan. Dia memutuskan untuk menjadikannya pekerjaan penuh waktu dan mulai La Crema Manila, yang kini menjual enam jenis berbeda melalui Instagram. Ledesma telah melihat pertumbuhan yang konsisten dengan rata-rata penjualan lebih dari 50 kue keju pada akhir pekan dan lebih dari 90 pada hari libur seperti Hari Ibu dan Ayah.
Kue Keju Terbakar Asli La Crema Manila. Foto: Atas kebaikan Alex Ledesma

“Saya ingin memanfaatkan momentum ini karena saat ini sedang berjalan dengan baik,” katanya kepada VICE.
Filipina memiliki wabah COVID-19 terbesar di Asia Tenggara, dengan total 329.637 pada saat penulisan. Pembatasan pandemi dan penguncian telah mempengaruhi hampir setiap sektor ekonomi negara sekitar 4,6 juta orang Filipina menganggur per Juli 2020. Industri makanan dan minuman, yang menyumbang mendekati 10 persen dari PDB negara, mengalami penurunan 35 persen dalam pekerjaan di bulan Juli, dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu.
Sebelum virus corona melanda, orang-orang dengan bebas menghabiskan uang mereka untuk makan di restoran nasional di mal-mal raksasa. Tetapi penguncian telah memaksa restoran besar dan kecil untuk tutup, atau mengurangi layanan ke basis pelanggan terlalu takut untuk menjelajah. Banyak yang beralih ke satu sama lain secara online untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan makanan sehari-hari.
Roti asam, biasanya dikenal membutuhkan proses memanggang yang sulit dan memakan waktu, hanya dapat ditemukan di toko roti yang melayani klien kelas atas sebelum penguncian. Suka pembuat roti rumahan di seluruh dunia, Filipina mulai memproduksinya selama penguncian. Tetapi mereka mengambil langkah lebih jauh dan mulai menerima pesanan secara online.
Lulusan perguruan tinggi baru-baru ini dan penduduk Manila Angelica Reyes siap untuk memulai perburuan pekerjaannya di industri produksi media. Tetapi ketika pandemi melanda dia mendapati dirinya berjuang untuk mencari pekerjaan di bidangnya. Angelica sebelumnya memanggang dan menjual kue untuk membantu biaya kuliahnya dan, ketika seorang teman di lingkungannya mengatakan dia tidak dapat menemukan roti segar, pengusaha pemula itu memutuskan untuk membantunya. Roti yang satu itu mengarah pada bisnis roti penghuni pertama yang berkembang pesat bernama Adonan oleh Angelica. Sejak Mei, sebagian besar mempromosikan melalui Instagram, Angelica telah menjual lebih dari 550 roti roti penghuni pertama.

Angelica Reyes menyiapkan kumpulan adonan berikutnya sambil menunggu roti penghuni pertama mengembang. Foto: Atas kebaikan Angelica Reyes

“Bukannya ada yang akan saya lakukan dalam beberapa bulan ke depan,” kata Angelica, “jadi sebaiknya saya melakukan sesuatu yang sangat saya sukai dan benar-benar membangun sesuatu darinya.”

Roti penghuni pertama Angelica Reyes untuk Dough by Angelica didinginkan setelah keluar langsung dari oven. Foto: Atas kebaikan Angelica Reyes

Saudara kandung Janella Carsido, Patricia Garcia dan Kaimo Garcia dari Angeles City, Pampanga, sebuah provinsi dua jam di utara Manila, mendapati diri mereka tidak bekerja dan terjebak di rumah ketika mereka memutuskan untuk memulai bisnis kue baru, Beikeri, untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Penawaran pertama mereka adalah versi klasik Filipina – ube pandesal. Pandesal, yang secara tradisional dikenal sebagai roti gulung Filipina, adalah produk umum berbiaya rendah yang biasanya ditemukan di toko roti lokal. Ube pandesal menggabungkan pandesal dan ube, ubi ungu.
Mempromosikan melalui Facebook dan Instagram, The Beikeri’s ube-cheese-de-sal – pastry artisan yang kaya, dekaden dan cheesy yang layak untuk duduk di meja makanan penutup kelas atas – dengan cepat menjadi hit. Sementara penjualan sedikit menurun sejak demam awal, saudara kandung telah menambahkan makanan panggang lainnya seperti roti kopi, kue tart mete, dan roti gulung kayu manis, dan telah melihat penjualan tetap stabil.

Keju-de-sal Beikeri. Foto: Shanti Lerner

Tren makanan baru tidak terbatas pada koki yang tinggal di rumah. Chef dan pemilik restoran ternama, Sau del Rosario, juga dipaksa untuk berinovasi. Setelah menutup dua restorannya pada awal penutupan, dia mengumpulkan koki top dari Pampanga, yang dianggap sebagai ibu kota kuliner Filipina, untuk menggabungkan resep pusaka terbaik mereka.
Makanan disiapkan di Pampanga, di mana dikemas dan dibekukan, kemudian dikirim ke Manila ke ‘dapur awan’ grup, istilah yang digunakan untuk menggambarkan fasilitas memasak komunal profesional dan area persiapan makanan yang disiapkan untuk pengiriman makanan. Di cloud kitchen, makanan dimasak dan dikirim ke pelanggan saat dipesan. Dengan hidangan seperti truffle kare-kare (rebusan dengan saus kacang) dan pai buko (kelapa muda) ibunya yang modern, itu terbukti sukses besar.

Kare-Kare dari Culinarya Pampanga. Foto: Sumber dari Sau del Rosario

“Pada bulan pertama kami, kami telah mendapatkan kembali investasi kami,” kata del Rosario. “Saya punya teman di mal dan memiliki restoran mewah yang kesulitan. Sekarang ini tentang survival of the fittest dan itu benar-benar menantang. ”
Salah satu bisnis pilihan paling populer adalah sushi panggang, yang paling tepat digambarkan sebagai gulungan sushi yang dibongkar yang dipanggang menjadi hidangan casserole dengan semua bahan yang disukai orang Filipina. Di atas tempat tidur nasi cuka adalah potongan salmon, tuna, kepiting dan telur ikan, dan banyak porsi mayones Jepang. Untuk dimakan, itu diambil dan disajikan di atas rumput laut nori.

Bake sushi kani khas Baked By Kiki mendesis di oven. Foto: Atas kebaikan Nikki Sunga dan Mikey Reyes

Pasangan Manila Nikki Sunga, direktur kreatif untuk biro iklan, dan Mikey Reyes, yang bekerja di penjualan perangkat lunak, mendirikan bisnis kue sushi rumahan bernama Dipanggang oleh Kiki. Dengan penjualan yang konsisten, pasangan tersebut telah menggunakan keuntungannya untuk membantu melunasi rumah yang baru saja mereka beli bersama. Tetapi dengan banyaknya orang yang membuat dan menjual sushi panggang, mereka tahu bahwa kuncinya adalah berinovasi.

Nikki Sunga menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kue sushi kani khasnya. Foto: Atas kebaikan Nikki Sunga dan Mikey Reyes

“Ini mungkin tren yang tidak akan bertahan lama untuk industri,” kata Mikey. “Akan ada beberapa tempat yang akan bertahan, dan kami bertujuan untuk menjadi seperti itu. Kami juga mengembangkan bisnis. ”

Roti yakiniku terbaru dari Baked By Kiki adalah tambahan terbaru untuk bisnis mereka. Foto: Atas kebaikan Nikki Sunga dan Mikey Reyes

Ran Estrada, ibu tiga anak dari Angeles City, Pampanga memiliki bisnis katering lokal yang sukses dan kantin sibuk yang melayani mahasiswa dan pekerja di universitas lokal selama lebih dari 10 tahun. Tetapi ketika penguncian terjadi, dia terpaksa menutupnya. Namun, dia belum siap melepaskan bisnis makanannya dan langsung beralih ke dunia online untuk membuat Quaran’Eats di mana dia menemukan audiens yang siap untuk berbagai jenis sushi panggang.

Raine Estrada dan ibunya Ran Estrada sedang mengemasi sushi panggang mereka yang baru dibuat untuk dikirim. Foto: Shanti Lerner

“Saya sangat senang dengan apa yang kami buat di sini,” kata Estrada. “Ini benar-benar bisnis keluarga. Ketika saya memiliki kantin, saya hanya menjalankannya dengan suami saya. Tapi sekarang meski anak-anak saya punya karier, semua orang bergerak dan membantu kapan pun mereka bisa. ”
Sementara restoran dan tempat makan di luar suatu hari akan kembali setelah pandemi berakhir, banyak koki rumahan berpikir pengalaman itu akan memiliki warisan budaya yang langgeng.

Raine Estrada meletakkan sushi panggang barunya di atas meja agar dingin. Foto: Shanti Lerner

“Mata orang-orang telah terbuka untuk berbelanja secara lokal,” kata Angelica. “Ini berbeda ketika masih segar dan mengetahui bahwa Anda tahu siapa yang membuatnya dan begitu banyak waktu yang dihabiskan untuk itu. Bukan untuk mengatakan barang-barang pabrik tidak membutuhkan waktu untuk membuatnya, tetapi ada perasaan keaslian tambahan saat Anda membeli sesuatu yang berasal dari bisnis kecil atau lokal. Ini akan menjadi bagian dari kebiasaan orang Filipina. Dan inilah normal baru itu. ”



[ad_2]

Exit mobile version