Site icon Beritaenam.com

Ormas Minta Jatah Lebaran, Kapolda: Kalau Melanggar, Kita Sikat

Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi.

Bandung – Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi mengingatkan agar organisasi masyarakat (ormas) untuk tidak meminta jatah tunjangan hari raya (THR) maupun paket lebaran secara paksa. Polisi siap menindak bila ditemukan unsur tindak pidana.

“Kalau melanggar tindak pidana, kita sikat,” ucap Rudy usai memimpin apel gelar pasukan operasi ketupat Lodaya di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (28/5/2019).

Rudy mengatakan meminta dengan cara memaksa apalagi hingga mengintimidasi bisa termasuk kategori tindak pidana. Maka dari itu, dia meminta agar para ormas untuk tidak meminta-minta jatah hingga masyarakat merasa takut.

“Pokoknya yang melanggar tindak pidana kita sikat. Walaupun menjelang atau pas waktu lebaran, kalau pelaku tindak pidana harus ditindak,” kata Rudy, seperti dikutip dari detik.com

Sementara itu Kepala Kesbangpol Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan pihaknya juga mengimbau agar ormas-ormas di Kota Bandung tidak meminta jatah THR dan paket lebaran dengan cara memaksa.

“Kita tidak mengeluarkan surat, karena itu memang tidak diatur. Kita imbau saja untuk tidak meresahkan masyarakat dan menekan. Sepanjang itu dijalankan secara aturan, tidak ada tekanan dan tidak ada paksaan, syaratnya sukarela saja,” kata Ferdi saat dihubungi.

Menurut Ferdi, masyarakat, pemerintah dan pihak swasta pun bisa dengan tegas menolak apabila terjadi unsur paksaab.

“Pemerintah dan swasta boleh menolak, yang paling penting di tatanan aturan tidak diperkenankan melakukan dengan dalih apapun. Tidak boleh menakut-menakuti apalagi membuat resah,” katanya.

Exit mobile version