Site icon Beritaenam.com

Pagi Ini Gunung Sinabung Erupsi

Gunung Sinabung erupsi.

beritaenam.com, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG), Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung melaporkan, telah terjadi erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Erupsi terjadi pada, Selasa (7/5/2019) pukul 07:48 WIB.

Tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 4.460 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 42 menit 49 detik dan hujan abu masih berlangsung.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level IV (Awas) dengan rekomendasi, masyarakat/pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km untuk sektor Utara-Barat, 4 km untuk sektor Selatan-Barat, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, didalam jarak 6km untuk sektor Tenggara-Timur serta didalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur.

Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat.

Exit mobile version