Site icon Beritaenam.com

Pasangan Jokowi – Ma’ruf Paling Banyak Diberitakan Media

beritaenam.com, Jakarta – Riset media yang dilakukan oleh G Communications menyebutkan pasangan capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi) – KH Maruf Amin paling banyak diberitakan oleh media-media di Indonesia selama Februari 2019.

G Communications, dalam siaran pers yang diterima Rabu (6/3/2019), menunjukkan bahwa berita tentang Jokowi – Ma’ruf mencapai 52 persen atau sebanyak 982 berita. Sedangkan pemberitaan pasangan Prabowo – Sandiaga adalah 33 persen (616 berita).

“Meskipun begitu, media masih dapat dikategorikan bersikap netral dalam memberitakan kedua pasangan capres dan cawapres,” kata Pendiri dan CEO G Communications, Andi Irman Patiroi.

Dalam riset itu G Communications meneliti tiga media cetak dan tiga media online. Riset itu menganalisis berita dalam periode 1 – 28 Februari 2019.

Pasangan Jokowi – Ma’ruf paling banyak diberitakan secara positif oleh media sebanyak 94 persen dan sisanya adalah berita negatif.

Sementara, pemberitaan positif Prabowo Subianto-Sandiaga Uno adalah 62 persen dan sisanya merupakan negatif.

Dilansir dari Antara, riset itu juga menemukan bahwa ada tiga isu kampanye yang paling banyak diberitakan media dari kedua capres.

Untuk pasangan Jokowi – Ma’ruf, media banyak mengangkat proses penegakan hukum terhadap serangan kampanye hitam, tiga program kartu Jokowi, dan safari politik Ma’ruf.

Sementara terkait Prabowo – Sandiaga, media banyak menyorot soal pengembangan wisata bahari, wisata halal, dan peningkatan kesejahteraan petani.

Exit mobile version