Site icon Beritaenam.com

Pencoblosan di TPS San Francisco Berlangsung Hingga Malam

WNI mengantre memberikan suara di TPS San Francisco. (Foto: KJRI San Francisco).

beritaenam.com, San Fransisco – Pemilu Pemilihan TPS di San Francisco dilaksanakan dengan lancar pada Sabtu, 13 April 2019 waktu Amerika Serikat (AS). Pemungutan suara bertempat di KJRI San Francisco.

Pelaksanaan pemilu sebenarnya dijadwalkan dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00, namun karena antusiasme masyarakat yang begitu besar, pelaksanaan berlangsung hingga surat suara habis, pukul 21.20 waktu setempat.

Wilayah kerja KJRI San Francisco mencakup delapan Negara Bagian/State yaitu California bagian Utara, Nevada bagian Utara, Oregon, Washington State, Alaska, Idaho, Montana dan Wyoming.

Dari delapan Negara Bagian tersebut tercatat jumlah Data Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) di San Francisco sebanyak 7,814 orang. Termasuk di dalamnya 3,949 ABK WNI yang bekerja di 15 Kapal Pesiar Holland America Lines (HAL).

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) San Francisco menggunakan tiga Metode Pemilihan, yaitu : 1) Metode TPS dengan DPT 288 orang (tanggal Pemilu 13 April 2019); 2) Pos 1 (pemilih para ABK WNI di HAL) sebanyak 3,949 orang ; dan 3) Pos 2 (reguler untuk WNI bermukim) sebanyak 3,577 orang.

PPLN San Francisco telah menerima surat suara sesuai DPT ditambah dengan surat suara cadangan sebesar dua persen dari DPT. Sehingga total jumlah Surat Suara yang diperoleh oleh PPLN San Francisco adalah: 7,814 (DPT) + 157 (2% dari DPT) = 7,971 surat suara.

“hingga selesainya pemilihan, jumlah pemilih yang telah memilih melalui TPS di KJRI San Francisco berjumlah 423 orang dengan rincian DPT sebanyak 199 orang. Sementara DPTbLN sebanyak 87 orang dan DPK sebanyak 137 orang,” ujar Susapto Anggoro Broto, Kepala Sekretariat PPLN San Francisco, dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin, 15 April 2019.

“Pemungutan suara oleh DPK dilaksanakan dari pukul 17.30 hingga surat suara habis. Sehingga surat suara terpakai 100 persen,” imbuhnya.

Kemungkinan habisnya kertas suara sudah diantisipasi oleh PPLN San Francisco dengan meminta kepada KPU untuk mengirimkan kertas suara ekstra lebih dari 2 persen.

Semua calon pemilih yang tidak terdaftar sudah diberitahu risiko bahwa kertas suara bisa habis dan memahaminya. Pelaksanaan Pemilu 2019 di TPS KJRI San Francisco telah berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

Exit mobile version