Site icon Beritaenam.com

Peneliti Litbang Kompas Prediksi Jokowi Raih 56 Persen Suara

Jokowi kampanye di Malang.

beritaenam.com, Jakarta – Peneliti dari Litbang Kompas, Toto Suryaningtyas meramalkan raihan suara Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin tidak akan lebih dari 60 persen.

Toto mengatakan, berdasarkan hasil survei terbaru yang dilakukan lembaganya, perluasan data di luar data yang tersedia menyebutkan raihan suara Jokowi-Ma’ruf harus puas di angka 56 persen.

“Kalau dari angka ekstrapolasi kami 56 persen. Jadi batas atas (suara Jokowi) menurut prediksi kami sebesar 56 persen,” ujar Toto, di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019).

Diungkapkan Toto, pada saat Jokowi memasang target meraih suara sebesar 58 hingga 62 persen di Pilpres 2019 ini. Hal itu dianggapnya kurang realistis. “Angka itu agak sedikit tidak realistis,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Litbang Kompas merilis hasil surveinya yang dilakukan pada 22 Februari hingga 5 Maret 2019. Hasilnya, elektabilitas antara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno, semakin tipis.

Yakni Jokowi-Ma’ruf berada di angka 49,2 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 37,4 persen. Adapun, 13,4 persen responden menyatakan rahasia.

Angka tersebut berbeda ketimbang survei Litbang Kompas pada Oktober 2018. Saat itu jarak elektabilitas keduanya 19,9 persen.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf mengantongi 52,6 persen dan Prabowo-Sandiaga 32,7 persen, sementara 14,7 responden menyatakan rahasia.

Exit mobile version