Site icon Beritaenam.com

Peringati Hari Lahir Pancasila, Jokowi: Demokrasi Telah Kita Kelola dengan Baik dari Periode ke Periode

beritaenam.com, Jakarta – Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal proses demokrasi di Indonesia. Dia menyebut proses demokrasi di Indonesia telah dikelola dengan baik dari waktu ke waktu.

“Proses demokrasi telah kita kelola dengan baik, dari periode ke periode waktu,” kata Jokowi saat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jl Pejambon Raya, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

Jokowi juga mengatakan konstitusi selalu dipegang teguh oleh bangsa Indonesia. Serta nilai-nilai Pancasila merupakan pemandu yang jadi rumah bersama bagi bangsa.

“Setiap tantangan yang mengganggu persatuan bangsa dan mengganggu Pancasila, harus menambah kedewasaan kita. Semakin dewasa dalam berdemokrasi, dan semakin strategis dalam melangkah untuk kemajuan bangsa dan semakin dewasa dalam menjaga kesatuan dan ketentraman kita,” katanya.

Sementara itu, dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni, Jokowi mengimbau agar momen itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk meneguhkan komitmen dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Dia ingin masyarakat hidup dalam toleran dan kerukunan.

“Serta melawan faham-faham anti-Pancasila, dan bahaya terorisme serta separatisme yang bisa mengancam persatuan bangsa kita,” katanya.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, kita Pancasila,” imbuh Jokowi.

Exit mobile version