Site icon Beritaenam.com

Pertamina Creativepreneur Summit 2024: Masa Depan Energi Berkelanjutan di Tangan Generasi Muda

Beritaenam.com — PT Pertamina (Persero), sebagai perusahaan energi terkemuka di Indonesia, terus memperkuat peran Perwira Muda dalam pengembangan energi berkelanjutan. Langkah ini sejalan dengan strategi perusahaan untuk meningkatkan ketahanan energi dan memperluas bisnis rendah karbon.

Pada gelaran Pertamina Creativepreneur Summit 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina, Salyadi Saputra, menegaskan bahwa kreativitas dan inovasi adalah kunci untuk menghadapi tantangan bisnis di masa depan. “Pertamina membutuhkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan energi alternatif yang terjangkau, sehingga seluruh masyarakat dapat menikmatinya,” ujar Salyadi pada Sabtu, 24 Agustus 2024.

Pertamina mendorong para Perwira, khususnya generasi muda, untuk aktif menciptakan inovasi demi keberlanjutan bisnis. “Meski Pertamina adalah BUMN, bukan berarti pekerjaannya monoton. Justru, kami menyediakan ruang bagi generasi muda untuk berkarya dan memberikan kontribusi signifikan bagi perusahaan serta negara,” tambahnya.

Salyadi juga mengungkapkan berbagai inovasi yang telah dicapai Pertamina dalam upaya mengembangkan bisnis rendah karbon, seperti produksi bahan bakar dengan campuran nabati, termasuk Biofuel, Biodiesel, Pertamax Green, serta Bioavtur Sustainable Aviation Fuel (SAF). “Biodiesel dan Pertamax Green sudah dipasarkan, sementara SAF telah berhasil diuji coba di penerbangan komersial. Kami juga terus mengembangkan rantai nilai Carbon Capture Utilization and Storage (CCS/CCUS) untuk mendukung dekarbonisasi domestik dan menjadi pemain regional,” jelas Salyadi.

Lebih lanjut, Salyadi menekankan pentingnya semangat dan kreativitas para Perwira Muda dalam menghadapi masa depan. “Pertamina masa depan adalah milik para Perwira Muda. Oleh karena itu, kami terus mendorong mereka untuk berinovasi dan menelurkan ide-ide kreatif,” ujarnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menambahkan bahwa saat ini mayoritas Perwira Pertamina berasal dari generasi milenial dan gen Z, yang berperan penting dalam operasional perusahaan. “Perwira Muda Pertamina adalah sumber energi baru dan agen perubahan yang akan memperkuat bisnis berkelanjutan Pertamina,” kata Fadjar.

Pertamina Creativepreneur Summit 2024, yang berlangsung pada 24-25 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center, menjadi ajang bagi pelaku industri kreatif untuk bertukar ide dan pengalaman. Acara ini melibatkan lebih dari 80 pemimpin kreatif dari berbagai industri.

Sebagai pemimpin dalam transisi energi, Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh inisiatif ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina.

 

Exit mobile version