Site icon Beritaenam.com

Pj. Gubernur Heru Tinjau Sembako Murah dan Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Kelurahan Rawa Badak Utara

Beritaenam.com — Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meninjau pelaksanaan program Sembako Murah dan uji coba kedua Makan Bergizi Gratis (MBG) di Kelurahan Rawa Badak Utara, Jakarta Utara. Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat (23/8) dengan tujuan mendukung kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kualitas gizi anak-anak.

Program Sembako Murah diinisiasi oleh Perumda Pasar Jaya bekerja sama dengan mitra pendukung/Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank DKI. Sebanyak seribu paket sembako disediakan dengan harga Rp 100.000 per paket, setelah mendapat subsidi dari harga awal Rp 150.000. Paket tersebut berisi beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, tepung terigu 1 kg, dan gula pasir 1 kg.

“Hari ini saya meninjau langsung dua kegiatan di Kelurahan Rawa Badak Utara. Pertama, kegiatan sembako murah yang dilakukan Bank DKI dengan menyediakan 1.000 paket seharga Rp 100.000 per paket,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Selain paket sembako murah, masyarakat juga dapat membeli bahan pangan lain yang dijual oleh Perumda Dharma Jaya, PT Food Station, dan Perumda Pasar Jaya dengan harga lebih rendah dibandingkan harga pasar.

Dalam kesempatan yang sama, Pj. Gubernur Heru juga meninjau uji coba kedua Makan Bergizi Gratis di SDN 03 Rawa Badak Utara. Program ini menyediakan makanan bergizi untuk 371 siswa dengan menu bervariasi seperti nasi, ayam teriyaki, telur dadar, sayur capcay, buah pisang, dan air mineral seharga Rp 20.000 per porsi.

“Kelihatannya anak-anak lebih suka menu yang ada telurnya. Sekitar 80-90 persen dari mereka menghabiskan makanannya,” tambahnya.

Untuk pembiayaan program Makan Bergizi Gratis ini, masih menggunakan dana operasional gubernur serta CSR dari BUMD DKI Jakarta, termasuk Perumda Dharma Jaya. Pj. Gubernur Heru menyebutkan, jika diperlukan, program ini akan didukung oleh 24 BUMD lainnya sambil menunggu petunjuk lebih lanjut dari pemerintah pusat.

Pemprov DKI juga bersinergi dengan Komunitas Kumala, yang telah mendapatkan penghargaan Kalpataru, untuk menangani limbah kemasan makanan. Limbah ini akan diolah oleh komunitas agar tidak mencemari lingkungan.

Kedua kegiatan ini mencerminkan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam membantu masyarakat memperoleh bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau, menjaga stabilitas harga pangan, mengendalikan inflasi, serta meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas menuju Indonesia Emas 2045.

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman, menyatakan dukungannya terhadap program MBG ini dengan menyediakan 600 paket makanan yang dibagikan kepada siswa SDN 03 Rawa Badak Utara.

“Kami berharap dukungan ini dapat meningkatkan semangat belajar para siswa karena gizi dan nutrisinya terpenuhi,” tuturnya.

Exit mobile version