Site icon Beritaenam.com

Polisi Hong Kong Mendefinisikan Ulang Siapa yang Bisa Disebut Jurnalis

[ad_1]

Itu Hongkong Hubungan polisi yang semakin tidak bersahabat dengan pers berubah menjadi aneh dengan pers kekuatan yang sangat tidak populer meluncurkan siaran berita saingan mereka sendiri lengkap dengan jangkar berseragam dan laporan langsung, berminggu-minggu setelah mengulangi klaim bahwa protes disusupi oleh “reporter palsu.”

Klaim tersebut adalah sesuatu yang dimiliki Kepolisian Hong Kong berulang kali ditayangkan, tetapi tidak pernah menunjukkan bukti, sebagai pembenaran atas tindakan keras mereka yang lebih luas terhadap media kota yang dulu dinamis. Akhir bulan lalu, polisi mengumumkan akan melakukannya tidak lagi menghormati kredensial pers dipasok oleh organisasi media lokal. Sebaliknya, polisi hanya akan mengenali outlet lokal yang diakreditasi oleh pemerintah Hong Kong dan mereka yang bekerja untuk outlet yang “diakui dan terkenal secara internasional”.

Ini adalah langkah yang secara langsung berdampak pada jenis outlet kecil dan independen yang secara agresif meliput gerakan protes Hong Kong. Tim yang kekurangan sumber daya ini bertanggung jawab untuk menangkap cuplikan dari beberapa momen paling penting dalam sejarah gerakan, seperti serangan mengejutkan terhadap komuter dan pengunjuk rasa di dalam stasiun kereta bawah tanah Prince Edward oleh polisi Hong Kong.

“Polisi hanya ingin mendengar apa yang mereka suka,” kata Shirley, editor sukarelawan di Pos Nasi, organisasi yang merekam rekaman insiden Pangeran Edward pada Agustus tahun lalu. “Apa yang tidak mereka suka, termasuk apa yang telah difilmkan oleh media online, tidak ingin mereka lihat lagi.”

Pos Nasi adalah operasi relawan yang memposting streaming langsung, foto, dan video protes langsung ke media sosial. VICE News bertemu dengan Shirley saat dia bersiap untuk meliput protes pada 1 Oktober, Hari Nasional China, dan demonstrasi berskala besar pertama yang melanda kota itu sejak polisi mengubah aturan tentang siapa yang dapat dianggap sebagai jurnalis. Tiga dari Rice Post’s relawan reporter sudah ditahan sebentar dan ditilang dalam demonstrasi sebelumnya oleh polisi karena melanggar pembatasan terkait COVID-19 pada pertemuan massal — tuduhan yang biasanya dikecualikan bagi jurnalis.

“Ada ancaman nyata segera didakwa,” kata Vivian Tam, dosen jurnalisme di Chinese University of Hong Kong. “Anda tidak tahu siapa Anda, Anda tidak tahu bagaimana Anda akan diperlakukan.”

Risikonya bahkan lebih tinggi karena wartawan yang tidak dianggap sah di bawah aturan baru dapat dianggap sebagai pengunjuk rasa di rapat umum dan dituduh berdasarkan aturan baru. Hukum Keamanan Nasional— Legislasi kontroversial yang disahkan oleh Beijing pada bulan Juni itu bertujuan untuk menghentikan gerakan protes dengan hukuman terberat yaitu seumur hidup di penjara.

Shirley, saat dia mengenakan rompi pers kuningnya, berjalan ke protes Hari Nasional tidak yakin apa yang akan terjadi, takut dia bisa ditangkap.

Protes Hari Nasional juga unik karena alasan lain. Saat polisi mendefinisikan kembali siapa yang bisa dianggap jurnalis, mereka juga pindah ke ruang yang sama yang biasanya ditempati oleh reporter yang mereka coba dorong—streaming langsung. Hari itu dimulai dengan serangkaian laporan langsung dari seluruh Hong Kong, semua dilakukan oleh petugas polisi yang menawarkan putaran mereka sendiri tentang acara hari itu. Di jalan-jalan hanya sedikit yang diyakinkan, dengan beberapa polisi berjuang untuk mengajukan laporan langsung ketika pengunjuk rasa menenggelamkan mereka dengan teriakan “polisi jahat, musuh Hong Kong!”

“Polisi bisa bereksperimen dengan taktik media yang lebih proaktif,” kata Tam kepada VICE News. “Mereka memiliki kehidupan mereka sendiri, dari halaman Facebook mereka sendiri, dan mereka memiliki polisi tampan yang menjadi tuan rumah. [But] mereka tidak memiliki kredibilitas sebagai reporter independen, jadi saya ragu ini akan berhasil. “

Siaran berita polisi hanyalah bagian dari kampanye hubungan masyarakat yang sedang berlangsung yang bertujuan untuk memulihkan kepercayaan pada kepolisian yang tidak populer. Baru-baru ini, Kepolisian Hong Kong merilis video musik yang mempromosikan diri mereka sebagai penyelamat Hong Kong yang mungkin juga membocorkan rekaman operasional rahasia.

Kampanye PR terjadi setelah lebih dari setahun insiden pelecehan polisi yang dipublikasikan secara luas dan penjangkauan yang berlebihan menyeret popularitas kepolisian ke titik terendah sepanjang masa. SEBUAH survei terbaru yang dilakukan oleh Institut Riset Opini Publik Hong Kong (PORI) menemukan bahwa polisi adalah yang paling tidak populer dari semua otoritas lokal yang beroperasi di kota, di depan hanya garnisun Hong Kong dari Tentara Pembebasan Rakyat China.

Ini adalah pembalikan tajam dari sentimen publik untuk kepolisian yang digunakan untuk penggambaran yang bersinar di industri film dan televisi domestik Hong Kong.

“Polisi dalam sejarah Hong Kong memiliki kerjasama yang cukup sukses dengan perusahaan media untuk menghasilkan program heroik tentang cerita polisi karena di Hong Kong film gangster atau film polisi adalah genre yang populer,” kata Tam. “Tapi sekarang karena sentimen publik memiliki banyak ketidakpuasan dengan polisi, orang-orang yang tidak senang dengan tindakan polisi tidak akan menontonnya, mereka tidak akan mendukungnya.”

Banyak ketidakpuasan ini berasal dari contoh kebrutalan polisi yang terekam dalam rekaman, termasuk penangkapan dengan kekerasan terhadap seorang gadis berusia 12 tahun, penembakan seorang pengunjuk rasa, dan upaya berkelanjutan untuk mengekang kritik dan kebebasan berbicara. Bagi Shirley, jurnalis relawan seperti yang ada di Pos Nasi sangat penting untuk memastikan bahwa cerita seperti ini tersiar.

“Semua orang bilang kalau ada satu kamera lagi, ada satu lagi keadilan,” katanya. “Ini adalah salah satu alasan mengapa kami terus melanjutkan. Mungkin suatu hari aku melewatkan sesuatu, tetapi orang lain merekamnya … satu kamera lebih sedikit berarti satu keadilan lebih sedikit.”

[ad_2]

Exit mobile version