Site icon Beritaenam.com

Popularitas TikTok Terus Meningkat Meskipun Ada Kontroversi

TikTok telah menggemparkan dunia. Aplikasi berbagi video telah mengalami lonjakan popularitas sejak pandemi dimulai, mengumpulkan 315 juta unduhan di kuartal pertama tahun 2020 saja.

Aplikasi ini memiliki diserang di berbagai negara seperti Amerika Serikat dan India, tetapi a penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa pada saat itu, aplikasi tersebut sudah mendapatkan ketenaran internasional.

Agregator e-commerce iPrice Group mengumpulkan data dari platform analisis data Deepaso dan memberi peringkat 18 negara teratas dengan peringkat tertinggi TIK tok unduh indeks dari Januari hingga September tahun ini.

AS berada di nomor satu, meskipun ada seruan dari Presiden Donald Trump melarang aplikasi. Pada bulan Agustus, Trump menandatangani perintah eksekutif mendeskripsikan aplikasi sebagai “darurat nasional”, mengikuti klaim bahwa ini adalah ancaman keamanan nasional yang memungkinkan pemerintah China mendapatkan data tentang orang Amerika.

Perusahaan yang berbasis di Beijing, ByteDance, yang memiliki TikTok, telah membantahnya. Pada hari Jumat, Hakim Pengadilan Distrik Wendy Beetlestone memblokir pesanan Departemen Perdagangan menyerukan pembatasan yang secara efektif akan melarang TikTok di AS pada 12 November. TikTok masih tersedia di AS pada saat penulisan.

India masih memiliki jumlah unduhan TikTok kedelapan tertinggi tahun ini, meskipun negara itu melarang aplikasi tersebut pada bulan Juni. Menurut iPrice, ini bisa berarti bahwa banyak orang menggunakan platform tersebut di awal tahun.

Kementerian Elektronik dan Teknologi Informasi India telah diklaim bahwa TikTok, bersama dengan lusinan aplikasi China lainnya, “mencuri dan secara diam-diam mengirimkan data pengguna dengan cara yang tidak sah ke server yang memiliki lokasi di luar India”.

TikTok juga menghentikan operasinya di Hong Kong pada Juli, setelah wilayah itu mengadopsi undang-undang keamanan nasional yang kontroversial yang mewajibkan platform media sosial untuk menyerahkan data pengguna kepada pemerintah pada bulan Juni. Meski begitu, Hongkong masih menduduki peringkat ke-18 dalam daftar iPrice.

Di tempat lain di dunia, orang terus mengunduh TikTok. Negara lain dalam daftar tersebut termasuk Thailand di tempat ketiga, Vietnam di urutan keempat, dan Jerman di urutan kelima. Studi tersebut menempatkan China di peringkat kedua, meskipun negara tersebut memiliki versi TikTok sendiri yang disebut Douyin.

Sejak tersedia secara internasional pada tahun 2018, TikTok kini memiliki ekstensi diperkirakan 850 juta pengguna aktif bulanan.

Ini berdampak besar pada budaya internet, tren melahirkan dan meme viral, dan menciptakan generasi baru pemberi pengaruh dari berbagai genre.

Ada 16 tahun Charli D’Amelio, yang menjadi terkenal dengan video tarian, Ytiet, seorang pria Vietnam yang menyanyikan nomor dengan nada yang berbeda, dan Chris Sutherland, seorang profesor fisika yang membuat video yang mengolok-olok pekerjaannya. Kami juga telah melihat kebangkitan “rumah kolaborasi”, di mana orang-orang yang telah berhasil dalam aplikasi berpindah satu sama lain untuk membuat konten bersama.

 

 

 

 

Exit mobile version