Site icon Beritaenam.com

PPP: Elite Politik yang Bermental Sontoloyo Adalah yang Suka Sebar Hoax

Asrul Sani.

Beritaenam.com, Jakarta – Adanya praktik politik sontoloyo diungkap oleh Presiden Jokowi yang juga menjadi capres. Sekjen PPP Arsul Sani menganggap ciri politik sontoloyo adalah mengandung unsur hoax.

“Mengacu pada realitas yang berkembang di media sosial di mana isi atau unsur hoax, ujaran kebencian dan juga fitnah atau pemelintiran fakta begitu dominan, dan itu di-drive oleh elite politik tertentu yang bahkan duduk di lembaga perwakilan seperti sebagai influencer-nya,” tutur Arsul, Selasa malam (23/10/2018).

Arsul tak menyebut siapa sosok yang dimaksud. Menurut Arsul biasanya yang melakukan politik sontoloyo akan menyerang secara pribadi.

“Mereka ini yang berperilaku atau bermental sontoloyo karena menggunakan hoax, ujaran kebencian bahkan fitnah demi memenangkan Pemilu. Mereka juga bahkan menyerang secara pribadi,” ujar Arsul, seperti dikutip dari detik.com

Pernyataan Jokowi itu disampaikan kemarin saat membagikan 5.000 sertifikat tanah untuk warga DKI Jakarta yang juga dihadiri Gubernur Anies Baswedan di Kebayoran Lama, Jaksel. Jokowi menyampaikan hal itu dalam kapasitas sebagai Presiden RI, bukan capres.

“Hati-hati, banyak politik yang baik-baik, tapi juga banyak sekali politik yang sontoloyo. Ini saya ngomong apa adanya saja sehingga mari kita saring, kita filter, mana yang betul dan mana yang tidak betul. Karena masyarakat saat ini semakin matang dalam berpolitik,” kata Jokowi.

Exit mobile version