Site icon Beritaenam.com

Presiden Barcelona Tegaskan Sudah Persiapkan Hidup Pasca-Messi

Lionel Messi.

beritaenam.com – Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu menegaskan klubnya sudah mempersiapkan kehidupan setelah Lionel Messi. Namun, dia berharap sang megabintang masih akan tetap main selama beberapa tahun mendatang.

Ya, hidup pasca-Messi memang harus sudah dipikirkan klub Katalan itu seiring usia pemain berjuluk La Pulga itu yang sudah memasuki 31 tahun.

Meski sudah senja, striker asal Argentina itu masih jadi jantung permainan Barcelona. Pesonanya saat membantu Blaugrana membantai Liverpool pada leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. Dua golnya mengantar Barcelona pesta 3-0.

Salah satu golnya dicetak melalui tendangan bebas, dan itu merupakan koleksi gol ke-600 yang dicetaknya dengan kostum Barcelona, klub yang dibelanya sejak berusia 13 tahun.

Bartomeu yakin peraih lima kali gelar pemain terbaik dunia itu masih bisa tampil dalam beberapa tahun ke depan. Namun, dia tetap harus pelan-pelan mempersiapkan masa depan klubnya jika ditinggal Messi.

“Dia bahkan bisa saja main sampai usia 45 tahun, siapa tahu? Kami tahu dia akan bisa main tiga, empat lima tahun lagi. Kami tak tahu berapa lama, sampai kapan pun dia ingin main,” tutur sang presiden klub kepada The Guardian.

“Kami sudah bersiap. Pemain seperti (Ousmane) Dembele, (Clement) Lenglet, Arthur ada untuk membangun tim ketika Messi berhenti bermain. Tapi saya masih melihatnya sebagai jalan panjang. Saya tidak berpikir hari itu sudah dekat. Dan kami memberi tahu para pemain yang bermain dan berlatih dengannya untuk memanfaatkan setiap menitnya,” ujarnya.

Bartomeu juga siap memberi Messi tempat spesial di klub tersebut jika dia pensiun nanti. Namun, dia masih belum bisa mengutarakannya secara detail saat ini.

“Kami berbicara dengan keluarga, tetapi masih terlalu dini untuk mengatakannya. Dia seorang pemain bola. Jadi kami berbicara tentang sepak bola, tapi dia akan tetap di sini bersama kami,” ucapnya.

“Saya selalu berbicara tentang Pele, yang selalu dikaitkan dengan Santos, satu-satunya tempat dia bermain. Leo milik sepak bola dunia, tetapi dia selalu tinggal di Barca. Dia akan menjadi pemain satu klub. Leo tidak akan pernah pergi. Dia akan berhenti bermain, tapi dia akan selalu bersama kami,” tuturnya.

Wajar kalau Bartomeu mengatakan seperti itu. Sebab, Messi sudah memberi banyak jasa buat klub tersebut. Dia membantu Barca mengklaim 10 gelar La Liga dan empat trofi Liga Champions.

Bartomeu mengatakan, Messi luar biasa, dia telah membuat prestasi tampak normal buat klub tersebut.

“Leo seorang jenius dan sudah sangat banyak musim, sangat banyak pertandingan. Kami hidup di era yang luar biasa, tetapi bagi penggemar kami, rasanya normal,” katanya.

Exit mobile version