Site icon Beritaenam.com

Puluhan Ribu Orang Hadiri Haul Gus Dur di Solo

Puluhan ribu orang dari berbagai daerah hadir mengikuti acara Haul Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid yang ke-9 di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam (23/2/2019).

beritaenam.com, Solo – Puluhan ribu orang dari berbagai daerah hadir mengikuti acara Haul Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid yang ke-9 di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam (23/2/2019).

Masyarakat yang mengikuti Haul Gus Dur tidak hanya memadati di dalam lapangan Stadion Sriwedari saja, tetapi juga memadati jalan-jalan sekeliling stadion untuk mendoakan Presiden RI ke-4 itu.

Menurut Hussein Syifa, Ketua Panitia Haul Gus Dur, sebanyak 30.000an orang memadati Stadion Sriwedari, belum terhitung yang berada di luar kompleks olah raga tersebut.

“Mereka dari Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen dan Kota Solo dengan ikhlas datang ke Solo karena kecintaannya dengan Gus Dur,” kata Hussein seperti dilansir Antara.

Di antara puluhan ribu orang itu, turut hadir ulama asal Rembang KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Pimpinan Ponpes Al Muayyat Solo KH Abdul Rosaq Shofawi, Mahfud MD, Staf Ahli Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi Kemenag RI, Oman Fathurahman, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, Kapolda Irjen Condro Kirono, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan Wali Kota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo.

Juga hadir dalam Haul Gus Dur ke-9 itu Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Noto Mihardjo.

Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Noto Mihardjo turut menghadiri Haul Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid yang ke-9 di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam (23/2/2019).

Acara di Stadion Sriwedari itu sendiri merupakan puncak dari serangkai acara yang digelar sebelumnya bedah buku Gus Dur, kirab budaya, dialog kebangsaan, dan pengajian.

Putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid yang hadir dalam acara itu mengaku terharu melihat antusiasme masyarakat.

“Saya sebelum acara ini digelar telah bermimpi melihat Gus Dur tersenyum. Beliau kemungkinan sudah tahu atas keikhlasan masyarakat yang ikut hadir acara Haul ini,” kata Yenny.

Menurut Yenny pesan Gus Dur hanya satu kepada anak-anaknya, yakni “Hidup itu adalah cinta dan ibadah”.

“Jadi melalui acara haul ini, semua kita meneruskan untuk menebarkan (cinta) antara sesama kita, kepada seluruh warga bangsa,” kata Yenny.

Exit mobile version