Site icon Beritaenam.com

Raja Belanda Willem Alexander Minta Maaf Ke Indonesia, Ramai di Belanda

Beritaenam.com — Raja Belanda Willem Alexander melontarkan permintaan maaf atas kekerasan yang dilakukan leluhurnya di masa penjajahan lalu. Willem juga meminta maaf, karena Belanda tetap melakukan agresi militer setelah Indonesia merdeka.

Hal penyesalan dan permintaan maaf atas kekerasan berlebihan dari pihak Belanda pada tahun-tahun itu, dipaparkan Willem di Istana Negara, Bogor, Jawa Barat, kemarin.  

Ini adalah pernyataan maaf pertama oleh Raja Belanda kepada Indonesia.

Selain itu, Willem mengatakan, Pemerintah Belanda telah mengakui kemerdekaan Indonesia secara politik dan moral sejak tahun 2005.  “Pemerintah Belanda telah mengakui secara politik maupun moral sejak 15 tahun lalu. Kami mengucapkan selamat pada Indonesia yang merayakan 75 tahun kemerdekaan 17 Agustus nanti,” ujar dia.

Di 1995, Ratu Beatrix pernah mengomentari agresi Belanda hanya dengan mengatakan “kami sangat sedih banyak yang tewas dalam pertempuran”.

Pada 2005, Menteri Luar Negeri Belanda Ben Bot juga mengeluarkan pernyataan serupa, mengatakan bahwa Belanda ada “di sisi yang salah dari sejarah”. Barulah pada 2013 Dubes Belanda untuk Indonesia ketika itu meminta maaf atas pembunuhan warga Indonesia pada Perang Kemerdekaan.

Pernyataan yang sama diulangi oleh Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders pada 2016. Pro dan kontra lantas muncul di Belanda atas permintaan maaf kali ini.

Sejarawan Belanda, Esther Captain, adalah pihak yang mendukungnya, mengatakan permintaan maaf yang dilontarkan Raja Willem itu memiliki arti yang sangat penting.

Apalagi, ucapan tersebut mendukung fakta jika ada kekerasan ekstrem yang pernah terjadi di ‘negara merdeka yang hendak diduduki lagi oleh Belanda’.

“Istilah sebelumnya, ‘tindakan hukum’, seolah-olah itu adalah konflik internal. Kita benar-benar tidak bisa melarikan diri lagi,” kata Captain dilansir Nos, Selasa (10/3).

Ia menilai, perkembangan teknologi memungkinkan generasi muda Belanda untuk datang ke Indonesia dan mendengarkan sejarah dari dua belah pihak. Raja Willem, kata Captain, adalah bagian dari generasi muda tersebut, yang bisa mengajukan berbagai pertanyaan yang dianggap tabu di generasi sebelumnya.

Belanda sebelumnya tidak pernah mengajukan permintaan maaf karena khawatir hal itu akan berpengaruh terhadap ekonomi negara.

Salah satu anggota dewan federasi, Micha’el Lentze mengaku terkejut dengan permintaan maaf yang dilontarkan Raja Willem. Menurut dia, Indonesia sama bersalahnya dengan Belanda pada perang di akhir 1940-an.

“Orang Hindia Belanda sangat menderita karena teror Indonesia tahun 1945-1949. Itulah salah satu alasan mengapa militer Belanda dikerahkan. Indonesia cuci tangan dengan mengaku tidak bersalah. Penderitaan orang-orang Indian Dutchman telah diabaikan selama 75 tahun ini,” tegas Lentze.

Ia menilai, keputusan Raja Willem untuk meminta maaf terlalu tergesa-gesa. Seharusnya, ucapan itu baru keluarkan setelah ada keputusan dari NIOD –lembaga di Belanda yang fokus pada arsip dan pembelajaran sejarah di Perang Dunia II.

Exit mobile version