Site icon Beritaenam.com

Rekapitulasi KPU Selesai, Jokowi Menang Telak di Jawa Timur

Pleno rekapitulasi hasil suara Pemilu 2019 KPU Jawa Timur.

beritaenam.com, Surabaya – Pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 di KPU Jawa Timur telah rampung. Hasilnya, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin unggul jauh atas paslon 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Berdasarkan data rekapitulasi itu, dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, pasangan Jokowi – Ma’ruf menang telak dengan perolehan suara 16.231.668. Sementara Prabowo Subianto – Sandiaga Uno mendapat 8.441.247 suara.

Meski demikian, Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam mengatakan, hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 yang digelar di Hotel Singgasana, Kota Surabaya itu belum bisa dibacakan secara langsung.

“Karena tadi sempat terjadi banyak protes dari saksi atas data pileg tingkat provinsi dan sempat diskors, membuat waktu molor. Meski sudah terselesaikan, mengingat waktu sudah menunjukkan pukul 01.30 WIB, pembacaan hasil rapat terpakasa dibacakan (Sabtu) pagi ini pukul 09.00,” ujar Choirul Anam, seperti dilansir suara.com

“Jadi pagi ini kita selesaikan semuanya. Pembacaan hinga penandatanganan dari KPU juga para saksi. Selanjutnya pada tanggal 12-13 Mei, kami akan mengirim data ke KPU pusat untuk dilakukan rekapitulasi tingkat pusat,” imbuh Choirul.

Untuk diketahui, rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 Provinsi Jawa Timur dilaksanakan mulai tanggal 5 Mei dan sesuai jadwal ditargetkan selesai pada 9 Mei 2019. Namun target KPU molor dua hari dan baru selesai pada hari ini, Sabtu 11 Mei 2019.

Exit mobile version