Site icon Beritaenam.com

Saat Debat, Jokowi-Maruf Amin Janji Tak Bertanya soal SARA ke Prabowo-Sandi

Ma'ruf Amin saat berikan keterangan kepada wartawan.

beritaenam.com, Jakarta – Calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi – Maruf Amin berjanji tidak melayangkan pertanyaan tertutup yang menyinggung suku, agama, ras dan antargolongan dalam debat capres-cawapres nanti. Jokowi – Maruf Amin berkomitmen.

Dalam debat capres-cawapres perdana, KPU akan mengatur adanya sesi pertanyaan terbuka dan tertutup.

Pertanyaan terbuka merupakan daftar pertanyaan yang disusun panelis, yang kisi-kisinya diberikan terlebih dulu kepada kedua pasangan capres-cawapres sepekan sebelum debat, untuk nantinya ditanyakan secara acak.

Sedangkan pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang disiapkan dan dilontarkan masing-masing pasangan kepada pasangan lain. Pertanyaan ini bersifat rahasia karena hanya kedua pasangan yang mengetahuinya.

“Kami komitmen tidak melontarkan hal-hal yang berbau SARA. Dari sejak awal coba siapa yang suka bermain SARA, sudah pasti bukan kami,” kata jubir TKN Jokowi – Maruf Amin, Ace Hasan Syadzily seusai menghadiri diskusi di Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (8/1/2019), seperti dikutip dari Antara.

Ace mengatakan pertanyaan tertutup yang akan dilontarkan Jokowi – Maruf Amin yakni seputar tema yang dibahas dalam debat perdana yakni soal hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Lebih jauh dia mengatakan satu hal yang perlu diketahui oleh media yakni, istilah HAM tidak ada sama sekali dalam visi misi Prabowo Subianto – Sandiaga . Menurut Ace dapat dikatakan bahwa pasangan itu tidak menyinggung sama sekali soal HAM.

Exit mobile version