Site icon Beritaenam.com

Sakit Jantung dan Ginjal, Setya Novanto Dirawat di RSPAD

Setya Novanto.

beritaenam.com, Jakarta – Beredar kabar koruptor proyek e-KTP Setya Novanto tengah berada di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Novanto disebut tengah menjalani serangkaian tindakan medis terkait penyakit yang dideritanya.

“Iya benar (Setya Novanto sedang berada di RSPAD),” kata Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto, Senin (29/4/2019).

Novanto yang seharusnya sedang menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin, Bandung itu memang bisa mendapatkan izin untuk berobat.

Namun Tejo menyebut keberadaan Novanto di RSPAD di Jakarta adalah untuk mendapatkan tindakan EPS atau Electrophysiology Study yang digunakan untuk mengatasi gangguan irama jantung.

“Rencana tindakan EPS dari dokter RSPAD,” kata Tejo.

“Lanjutannya sudah melalui perawatan di Bandung,” imbuh Tejo, seperti dikutip dari detik.com

Tejo kemudian memberitahu diagnosa penyakit yang diderita Novanto. Diagnosa yang disampaikan Tejo itu terdiri dari chronic kidney disease (CKD) atau gagal ginjal kronis, coronary artery disease (CAD) atau kelainan pada pembuluh darah arteri koroner pada jantung, diabetes mellitus tipe 2, vertigo, dan radikulopati L4-5 atau penyakit yang berhubungan dengan saraf tulang belakang.

Novanto mulai menghuni selnya di Lapas Sukamiskin sejak Jumat, 4 Mei 2018 setelah hukumannya berkekuatan hukum tetap atau inkrah. Secara administratif, Novanto menjalani hukuman di dalam penjara selama 15 tahun.

Exit mobile version