Site icon Beritaenam.com

SBY Bicara Coattail Effect, Ini Jawaban Fadli Zon

Fadli Zon.

Beritaenam.com, Jakarta – Fadli Zon angkat bicara mengenai ucapan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengatakan efek ekor jas (coattail effect) hanya bisa dirasakan oleh PDI Perjuangan sebagai pengusung Joko Widodo dan Partai Gerindra sebagai pengusung Prabowo Subianto. Menurut Fadli, coattail effect memang tidak bisa disalurkan begitu saja ke partai politik.

“Masalah coattail effect bukan persoalan yang bisa disalurkan sedemikian rupa, ini adalah langsung dari masyarakat, kami dari Gerindra tak pernah bicara coattail effect, kita bicara fokus saja,” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/11).

“Kalau legislatif pertarungannya di dapil, sementara pilpres sekaligus dalam kampanye semua caleg,” sambungnya.

Fadli menjelaskan, dalam pemilu memang terbagi menjadi dua bagian yakni pileg dan pilpres. Dia pun yakin, setiap partai pasti memiliki preferensi sendiri untuk memenangkan Pileg 2019.

“Karena aturan, karena dinamika politik, ada dua calon, dari sisi pileg bisa saja ada satu pandangan, coattail effect yang mungkin saja seperti itu tapi saya yakin konstituen masing-masing partai punya preferensi sendiri. Misalnya partai-partai pendukung pemerintah mungkin konstituennya ada yang ingin mendukung Prabowo-Sandi,” ungkapnya.

Sebelumnya SBY memaparkan, ada tiga hal yang membuat pemilu 2019 mendatang jauh lebih berat. Pertama, SBY menguraikan pemilu 2019 ini dilaksanakan secara serentak yakni Pilpres bersamaan dengan Pileg. Imbasnya partai politik yang punya capres sangat diuntungkan. Contohnya PDIP dan Partai Gerindra.

“PDIP dengan Pak Jokowi sebagai capres kader partai itu dan Partai Gerindra dengan Prabowo sebagai capres kader Partai Gerindra. Suara kedua partai politik itu meningkat tajam. Mental partai politik yang tidak punya capres dan cawapres suaranya menurun. Anjlok. Itu nyata,” kata SBY di pembekalan Calon Legislatif DPR RI dan Konsolidasi Partai Demokrat se-Indonesia yang berlangsung di Hotel Sultan, Sabtu (10/11).

Exit mobile version