Site icon Beritaenam.com

Sebanyak 325 Taruna Akpol Ikuti Upacara Pendidikan Dasar Integrasi di Magelang

Beritaenam.com — Sebanyak 325 taruna Akademi Kepolisian (Akpol) yang baru saja direkrut mengikuti Upacara Pendidikan Dasar Integrasi bersama taruna Akademi TNI di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah. Sementara itu, jumlah taruna Akademi TNI yang turut dalam upacara ini dan akan menjalani pendidikan dasar berjumlah 781 orang.

Berdasarkan rilis SSDM Polri pada Kamis (1/8/2024), upacara ini dipimpin oleh Danjen Akademi TNI Letjen TNI Rudianto sebagai inspektur upacara. Sedangkan, Komandan Batalyon 3 Menchandra Letkol Pas Hary Wijayanto bertindak sebagai komandan upacara.

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh sejumlah petinggi TNI, seperti Aspers Panglima TNI, Dir Dik Akademi TNI, Dir Um Mabes TNI, Dir Jian Bang TNI, Paban II/Dik Spers TNI, Paban Ren Dik Akademi TNI, Paban Min Dik Akademi TNI, Paban Opsdik, Paban Renprogar, Paban Pers, Danmen Chandra, serta Dan Sepa PK TNI. Selain itu, hadir pula Aspers Kasad, Kasal, dan Kasau.

Dari pihak Mabes Polri, upacara ini dihadiri oleh Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi, Karo Bindiklat Lemdiklat Polri, Karo Jianstra SSDM Polri Brigjen Agoes Sujadi, serta Kabag Diapers Ro Dalpers SSDM Polri Kombes Fadly Samad.

“Kami harap para taruna Akpol dan Akademi TNI bisa mengikuti pendidikan integrasi dengan baik hingga tuntas. Kami juga berharap dari sini tumbuh semangat kebersamaan dan integritas antar-abdi bangsa, karena kelak mereka akan bertemu di tempat penugasan dan melayani masyarakat bersama,” ujar Kombes Fadly Samad kepada wartawan.

Jumlah peserta yang mengikuti pendidikan dasar integrasi ini mencapai 1.106 orang, gabungan dari Akpol, Akmil, AAL, dan AAU. Usai upacara, kegiatan lanjutan adalah orientasi di lingkungan Akmil dan pendakian Gunung Tidar.

“Sesuai harapan Bapak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) melalui Bapak Asisten SDM (Irjen Dedi Prasetyo), di tahun ini kegiatan pendidikan dan pembentukan taruna harus zero accident,” tambah Fadly.

Sebelumnya diberitakan bahwa 325 dari 490 calon taruna Akpol dinyatakan lulus seleksi tingkat pusat. Mereka terdiri dari 284 taruna dan 41 taruni.

Exit mobile version