Site icon Beritaenam.com

Selandia Baru Memberikan Suara ‘Ya’ untuk Eutanasia Legal

[ad_1]

Foto oleh Marty MELVILLE / AFP

Selandia Baru dengan tegas memilih untuk melegalkan eutanasia bagi mereka yang menderita penyakit mematikan, dengan hasil awal menunjukkan bahwa 65 persen responden memilih “ya” untuk undang-undang yang diusulkan dalam referendum yang mengikat.

The End of Life Choice Act — yang memberi orang yang sakit parah kesempatan untuk menjalani kematian dibantu dalam enam bulan terakhir hidup mereka, asalkan mereka memenuhi kriteria tertentu — akan berlaku 12 bulan dari hasil akhir, pada 6 November 2021.

Selandia Baru adalah negara pertama yang mengajukan pertanyaan tentang kematian yang dibantu ke pemungutan suara publik, dan sekarang ditetapkan menjadi negara ketujuh yang secara resmi melegalkannya.

Undang-undang tersebut sebelumnya disahkan pada November 2019, kemudian disepakati bahwa undang-undang baru hanya akan berlaku jika lebih dari 50 persen orang memilih “ya” pada pemungutan suara referendum. Surat suara itu adalah salah satu dari dua yang dikeluarkan untuk warga Selandia Baru pada hari pemilihan bulan lalu, yang lainnya adalah pertanyaan tentang apakah akan melegalkan ganja — yang, menurut hasil awal, tidak berhasil.

Di bawah undang-undang baru, siapa pun yang berharap menjalani kematian dengan bantuan harus warga negara Selandia Baru atau penduduk tetap yang berusia di atas 18 tahun, dengan penyakit mematikan yang kemungkinan akan mengakhiri hidup mereka dalam enam bulan, dan berada pada keadaan lanjut dengan penurunan fisik yang tidak dapat disembuhkan. kemampuan. Mereka juga harus memiliki pikiran yang sehat sesuai dengan tes psikologis yang ditentukan, dan — yang terpenting — percaya pada pandangan mereka sendiri bahwa mereka tidak dapat meringankan penderitaan mereka dengan cara lain apa pun. Pasien tidak akan dapat mengakses eutanasia karena alasan usia, kecacatan, atau penyakit mental.

Tingkat dukungan untuk undang-undang yang saat ini tercermin dalam hasil awal kurang lebih persis seperti yang disarankan oleh jajak pendapat sebelumnya, dengan dukungan untuk undang-undang sekarat yang dibantu berkisar antara 60 dan 70 persen baru-baru ini pada bulan Juli. Tetapi proposisi itu bukannya tanpa para pengkritiknya.

Sekelompok politisi, profesional medis, dan tokoh agama dengan gigih menentang Undang-Undang Pilihan Akhir Kehidupan, dengan alasan luas bahwa melegalkan kematian yang dibantu akan melanggar kesucian hidup dan memberdayakan profesional medis untuk membuat keputusan yang berada di luar kendali mereka. Pada Juni 2019, 1.061 dari 17.000 dokter terdaftar di negara itu (sekitar 6 persen) menandatangani surat terbuka mengatakan mereka tidak ingin ikut serta dalam kematian yang dibantu.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa mereka yang paling menentang perubahan dalam undang-undang cenderung adalah spesialis perawatan paliatif, banyak dari mereka berpendapat bahwa perawatan di akhir hayat sudah cukup untuk meringankan penderitaan orang-orang yang menderita penyakit mematikan. Mayoritas warga Selandia Baru tampaknya tidak setuju, menurut hasil referendum, tentang apa yang merupakan kemenangan besar bagi para pendukung eutanasia dan orang-orang yang hidup dengan penyakit mematikan yang ingin mengakhiri hidup mereka sendiri.

Salah satunya adalah Stuart Armstrong yang berusia 60 tahun, seorang pendukung End of Life Choice Act yang didiagnosis menderita kanker prostat terminal pada tahun 2015. Armstrong terdaftar sebagai anggota Partai ACT David Seymour untuk para pemilih lokalnya dan dengan lantang memperjuangkannya keyakinan pada hak orang untuk mati di bulan-bulan menjelang referendum.

Berbicara kepada VICE News awal tahun ini, dia menunjukkan seberapa besar arti disahkannya undang-undang tersebut bagi seseorang di posisinya.

“Ini bukan sekedar debat politik secangkir kopi tentang isu yang menarik; ini hidup dan mati bagiku, ”katanya.

“Tidak ada yang negatif,” tambahnya. “Tidak ada tambahan yang akan mati karena tagihan ini; hanya banyak orang yang tidak akan menderita karena melakukannya. “

Ikuti Gavin Indonesia



[ad_2]

Exit mobile version