Site icon Beritaenam.com

Semua Cagub Jabar Dukung Jokowi di Pilpres 2019, Kecuali Asyik

Pasangan Cagub-Cawagub Jabar 2018.

Beritaenam.com, Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf akan memanfaatkan tokoh-tokoh daerah untuk memenangkan kontestasi di Pilpres 2019. Tokoh daerah nantinya akan diminta membentuk tim demi memenangkan pertarungan per daerah.

Dalam strategi ini, Jawa Barat paling menarik disimak. Sebab, dari empat pasang cagub-cawagub yang bertarung pada Pilkada Jabar 2018, tiga pasangan di antaranya mendukung incumbent, Joko Widodo (Jokowi).

Misalnya, kader Demokrat, Deddy Mizwar akan didaulat menjadi juru bicara Jokowi-Ma’ruf. Selanjutnya sang cawagub Dedi Mulyadi yang juga kader Golkar, juga sejalan dengan dukungan partai mengusung Jokowi.

“Ya otomatis (Dedi Mulyadi masuk) karena dia Ketua DPD Golkar Jabar, otomatis terlibat. Tadi saya sudah komunikasi dan minta tolong dikomunikasikan ke delapan parpol pendukung Jokowi,” ucap Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Lodewijk F. Paulus di Posko Cemara, Jakarta, Selasa (4/9).

Dia menuturkan, nantinya Dedi Mulyadi, bisa berkolaborasi dengan jubir Jokowi-Ma’ruf baru, Deddy Mizwar.

Begitu juga dengan sang pemenang Pilgub Jabar, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. Pasangan ini solid didukung oleh koalisi Jokowi-Ma’ruf yakni PPP, PKB, NasDem dan Hanura.

“Kalau dia berkolaborasi dengan Deddy Mizwar, ya itu kan tidak jadi masalah. Dengan Emil (Ridwan Kamil) mereka selama ini sudah berkomunikasi untuk dukung Jokowi. Mesin partai akan bergerak dan di luar itu, akan kita sinergikan,” jelas Lodewijk.

Dia menegaskan, Kepala Daerah tidak dimasukkan ke dalam Tim. Tapi akan diminta jaringannya.

“Tetap kita manfaatkan mereka penguasaan teritorialnya sampai mana,” pungkasnya.

Cagub dan Cawagub Jabar berikutnya yakni Tb Hasanuddin-Anton Charliyan. Pasangan ini sudah pasti dukung Jokowi-Ma’ruf, karena diusung oleh PDIP. Tb Hasanuddin adalah Ketua DPD PDIP Jabar dan Anton saat ini berstatus sebagai Caleg PDIP di Jabar.

Hanya Sudrajat-Syaikhu alias Asyik yang tegas mendukung Prabowo. Sebab, dalam kampanye Pilgub Jabar lalu, pasangan yang diusung Gerindra, PKS dan PAN ini sejak awal mengkampanyekan #2019GantiPresiden.(*)

Exit mobile version