Site icon Beritaenam.com

Separuh Terumbu Karang Penghalang Besar telah Meninggal dalam 25 Tahun Terakhir

[ad_1]

Gambar melalui Getty, Kyodo News / Kontributor

Great Barrier Reef, sistem terumbu karang terbesar di dunia, telah kehilangan lebih dari separuh karangnya dalam 25 tahun terakhir. Itu menurut laporan baru dari Pusat Keunggulan Kajian Terumbu Karang Australia Research Council, yang diterbitkan minggu ini, yang menemukan bahwa peristiwa pemutihan massal secara permanen menghancurkan populasi karang kecil, sedang, dan besar di sepanjang 2.300 kilometer panjang terumbu.
Andreas Dietzel, penulis utama laporan itu, menyalahkan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.
“Kelimpahan koloni karang di puncak dan lereng terumbu telah menurun tajam di semua kelas ukuran koloni dan di semua taksa karang dibandingkan dengan garis pangkal historis,” kata laporan itu. “Penurunan terlihat jelas di wilayah utara dan tengah Great Barrier Reef, setelah pemutihan karang massal pada 2016 dan 2017.”
Dampak dari peristiwa pemutihan pada tahun 2020 masih belum diperhitungkan, Dietzel menambahkan — yang berarti kerusakan terumbu karang, yang terletak di lepas pantai timur laut Australia, bisa menjadi lebih bencana daripada yang ditunjukkan oleh bukti saat ini.
“Kami dapat dengan jelas menghubungkan kenaikan suhu dengan kematian karang dan pemutihan di Great Barrier Reef,” katanya ABC. “Kami telah mengalami peristiwa pemutihan skala besar pada tahun 1998 dan 2002, tetapi peristiwa tersebut benar-benar dikerdilkan oleh peristiwa yang lebih baru pada tahun 2016 dan 2017. Penurunan terjadi di perairan dangkal dan dalam, dan di hampir semua spesies.”
Spesies yang lebih besar terkena dampak paling parah, menurut para peneliti, yang menemukan bahwa mereka telah menghilang hampir seluruhnya dari pinggiran terumbu yang jauh di utara. Terry Hughes, rekan penulis laporan dan profesor di Universitas James Cook Queensland, mengatakan kepada AFP kantor berita bahwa karang besar “biasanya berkurang 80 atau 90 persen dibandingkan 25 tahun lalu”.
“Mereka membuat celah dan celah yang menjadi tempat bergantung ikan dan makhluk lain,” katanya, “jadi kehilangan karang tiga dimensi besar mengubah ekosistem yang lebih luas.”
Sementara itu, pemerintah Australia terus berkomitmen kebijakan dan proyek energi yang merusak lingkungan, dan pembangunan tambang batubara Adani Carmichael — yang dijadwalkan untuk menghasilkan 60 juta ton batubara per tahun, dan membutuhkan pengerukan lebih dari satu juta meter kubik dasar laut terumbu untuk memberi jalan bagi kapal batu bara — adalah sedang berlangsung.
Menanggapi laporan minggu ini, juru bicara Departemen Lingkungan Federal Australia mengatakan bahwa “temuan tersebut memperkuat komitmen Pemerintah Australia untuk tindakan global terhadap perubahan iklim melalui Perjanjian Paris dan melalui teknologi energi baru.”
Namun Perdana Menteri Scott Morrison baru-baru ini menolak untuk berkomitmen mencapai target emisi karbon nol bersih pada tahun 2050 — keputusan yang membuat Australia tidak sejalan dengan lebih dari 70 negara lain yang telah mengadopsi target tersebut — sambil dengan keras kepala mengejar “Dipimpin gas” pemulihan ekonomi dan investasi di sumur gas lapisan batubara dan pembangkit listrik, proyek-proyek yang oleh para ahli dikecam sebagai teknologi “dinosaurus”.
Dietzel menyesalkan kelambanan negara yang sembrono terkait perubahan iklim, dan tampaknya ambivalensi di antara para politisi terhadap penghancuran berkelanjutan situs Warisan Dunia UNESCO.
“Sangat membuat frustrasi melihat tidak banyak yang dilakukan,” katanya. “Dalam banyak kasus bahkan disangkal bahwa itu terjadi sama sekali.”
Ikuti Gavin Indonesia



[ad_2]

Exit mobile version