Site icon Beritaenam.com

Soal Pernyataan Sandi Tak Tampil Menyerang, Ma’ruf: Debat Ini Bukan Berantem

KH Ma'ruf Amin.

beritaenam.com, Jakarta – Cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin, menanggapi santai pernyataan Sandiaga Uno yang mengatakan tak akan tampil menyerang saat debat besok. Menurutnya, debat pilpres bukan soal serang-menyerang.

“Ya memang kita tidak akan menyerang, paling masing-masing menyampaikan idenya. Jadi debat ini bukan berantem, ya tapi menyampaikan ide dan gagasan,” ujar Ma’ruf Amin di Jalan Kemang Utara Raya nomor 63, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019).

Tidak ada persiapan khusus bagi Ma’ruf jelang debat. “Biasa saja. Persiapannya ya tidak spesial. Tidak spesifik, sambil baca, sambil dengar, itu saja. Santai aja santai,” ujar Ma’ruf.

Ma’ruf tidak menutup kemungkinan untuk menyisipkan ayat-ayat Alquran saat debat. Jika diperlukan, ia tak segan mengucapkan ayat.

“Kita lihat saja. Kalau memang diperlukan ya disisipkan, kalau ada yang relevan ya kenapa tidak?” ujar Ma’ruf, seperti dikutip dari detik.com

Sebelumnya, Sandiaga menegaskan tak akan tampil menyerang saat berhadapan dengan Ma’ruf di debat ketiga Pilpres 2019. Dia menghormati Ma’ruf Amin dan akan bersikap sopan.

“Haruslah (santun). Yang muda harus sopan sama kiai,” ujar Sandiaga di Lapangan Basket Bulungan, Jalan Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3).

Dia mengatakan debat antar-cawapres ini bukan untuk saling serang, melainkan berdiskusi tentang gagasan program kerja 5 tahun ke depan, sehingga bisa meyakinkan masyarakat untuk menetapkan pemimpin di periode yang baru.

“Oh nggak (menyerang). Kiai kok didebat? Ini itu forum diskusi. Kita kan nggak bisa melepas status beliau sebagai ulama besar. Kita hormati beliau. Kita mendapatkan yang terbaik dari beliau dan memberikan diferensiasi pendekatan Pak Jokowi seperti apa, pendekatan Prabowo-Sandi seperti apa,” ujar Sandi.

Debat ketiga ini akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3), pukul 20.00 WIB. Tema yang diangkat ialah soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya. Acara debat akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, CNN TV Indonesia

Exit mobile version