Site icon Beritaenam.com

Soal Polemik ‘Propaganda Rusia’ Hasto: Itu Memang Terjadi

Hasto Kristiyanto.

beritaenam.com, Sleman – Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan istilah ‘propaganda Rusia’ tak asing dalam penyelenggaraan pemilu belakangan ini. Propaganda serupa juga terjadi di Pilpres 2019 ini.

“Kalau itu (propaganda Rusia) juga terjadi kan (di pemilu 2019). Itu sudah dijelaskan sangat baik kemarin. Itu kan memang terjadi di dalam berbagai pemilu secara langsung apalagi di era sosial media ini,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Hasto di sela pengukuhan jabatan guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Cornelis Lay MA, di Balai Senat Balairung UGM Yogyakarta, Rabu (6/1/2019).

Bukti adanya propaganda Rusia, lanjut Hasto, dapat dilihat dari berbagai progpaganda yang marak dijumpai di media sosial. Bentuk progpagandanya sudah banyak dijelaskan para ahli.

“Ya cukup banyak (bentuk progpagandanya) kan. sudah dikupas para ahli,” jelas Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf tersebut.

“Jadi buat kami yang penting adalah berkampanye itu untuk mencari, menghasilkan pemimpin dari rakyat yang punya karakter dan jati diri kita sebagai bangsa Timur, bukan bangsa Barat,” tegas Hasto, seperti dikutip dari detik.com.

Diketahui, istilah propaganda Rusia belakangan memang ramai dibahas. Pemantiknya adalah capres petahana Joko Widodo yang menuding ada pihak yang menjalankan strategi propaganda penyebaran hoax ala Rusia di Pilpres 2019.

Exit mobile version