Site icon Beritaenam.com

Sri Mulyani: Kalau Dana Desa Digunakan dengan Baik, Kelas Menengah RI Akan Capai 80 Persen

Sri Mulyani.

beritaenam.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemerintahan Desa Tahun 2019 yang digelar di Ecovention Ocean Park, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Menteri Sri Mulyani meminta kepada seluruh aparatur desa dapat mengelola anggaran dana desa dengan baik.

Menteri Sri Mulyani mengatakan, dengan pengelolaan dana desa yang baik, maka akan meningkatkan kondisi perekonomian bagi masyarakat desa.

Sehingga masyarakat yang tadinya berpenghasilan rendah dapat meningkat menjadi berpenghasilan menengah.

“Apalagi bapak-bapak ibu-ibu yang memimpin desa mampu menggunakan anggaran desa dengan baik maka jumlah masyarakat kita yang masuk kelas menengah itu akan mencapai 80 persen,” kata Menteri Sri Mulyani dalam sambutannya di Jakarta, Rabu (20/2).

Di samping itu, dengan perbaikan pengelolaan anggaran maka produktivitas masyarakat juga diharapkan semakin meningkat. Bahkan, struktur ekonomi di tingkat pedesaan juga akan berubah.

“Itu berarti kita akan memiliki ekonomi yang didukung oleh masyarakat semakin makmur dan daya tarik ekonomi kita makin besar,” katanya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, dengan semangat dan perbaikan pengelolaan keuangan, diharapkan ke depannya seluruh desa-desa ini dapat setara dengan kota kecil. Di mana seluruh perekonomiannya selangkah lebih meningkat daripada konidisi sebelumnya.

“Apabila desa semangat memperbaiki semangat perbaikan masa desa pun akan bisa berubah kegiatan ekonominya sehingga dia (desa) berkembang menjadi kota kecil. Ini adalah suatu pemikiran kita untuk menyemangati dan sekaligus bagi kompas dalam menjalankan tugas negara kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, penurunaan angka kemiskinan terus dilakukan di sisa masa kepemimpinan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK). Salah satu upaya yaitu membuat program pembangunan desa melalui dana desa.

Exit mobile version