Site icon Beritaenam.com

Survei CSIS: Jokowi-Ma’ruf 51,4%, Prabowo-Sandi 33,3%

beritaenam.com, Jakarta – Center For Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei terbarunya mengenai pertarungan antara elektabilitas dan mobilisasi pemilih. Hasilnya, elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin mengungguli pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 51,4% dan Prabowo-Sandi 33,3%. Tapi, masih ada sekitar 14,1% tidak menjawab atau merahasiakan pilihannya dan 1,2% masih belum menentukan pilihannya,” kata Peneliti Departemen Politik CSIS, Arya Fernandes di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2019).

Ia menuturkan, responden yang merahasikan pilihannya terbilang cukup besar dalam survei kali ini. Ia menduga mereka sudah memiliki pilihan, namun enggan terbuka dalam menyampaikan pilihan politiknya.

“Angka yang tidak jawab atau rahasia ini cukup besar,” ucapnya.

Arya menambahkan, tingkat kemantapan pilihan pemilih sudah cukup tinggi. Migrasi pemilih antarcalon diprediksi tidak akan banyak terjadi. Pada masing-masing calon, tingkat loyalitas pemilih sudah di atas angka 80%.

“Tingkat kemantapan pemilih Jokowi-Ma’ruf sebesar 84,4%, sementara kemantapan pemilih Prabowo-Sandi sebesar 81,3%,” tuturnya.

Survei CSIS dilakukan pada 15 sampai 22 Maret 2019 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Penarikan sample dilakukan secara acak menggunakan metode multistage random sampling. Survei ini melibatkan 1.960 responden dengan margin of error sekira 2,21 persen.

Exit mobile version