Site icon Beritaenam.com

Survei Indo Barometer: Jokowi-Ma’ruf 50,8 Persen, Prabowo-Sandi 32 Persen

Jokowi dan Prabowo.

beritaenam.com, Jakarta – Lembaga Survei Indo Barometer merilis hasil survei bulan Maret terkait elektabilitas pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan bertarung di pemilihan presiden tahun 2019.

Hasilnya, capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin masih unggul dari Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli mengatakan berdasarkan hasil surveinya Jokowi-Ma’ruf masih tetap unggul dengan selisih 18,8 persen jika dibandingkan dengan elektabilitas pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

“Seandainya pilpres dilakukan hari ini, maka pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin diprediksi menang. Paslon no 01 mememiliki elektabilitas sebesar 50,8 persen, sedangkan paslon 02 memiliki elektabilitas sebesar 32 persen,” tutur Rusli saat merilis hasil survei di Hotel Century, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019).

Rusli mengatakan, terdapat 17,2 persen masih merahasiakan pilihannya atau belum menentukan pilihan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Selain itu, Indo Barometer juga memproyeksikan hasil survei Maret 2019 ke 17 April 2019. Hasilnya pasangan Jokowi-Ma’ruf masih unggul dibadingkan dengan Prabowo-Sandi.

“Pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul dengan proyeksi 61,35 persen. Sementara Prabowo-Sandi 38,65 persen,” ujarnya.

Untuk diketahui, jumlah sampel pada survei sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sebesar 2,83%, pada tingkat kepercayaan 95%. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner, serta responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Exit mobile version