Site icon Beritaenam.com

Survei Indo Barometer: Jokowi Tinggalkan Prabowo dengan Selisih 19,8 Persen

beritaenam.com, Jakarta – Tiga hari jelang pencoblosan, lembaga survei Indo Barometer merilis perolehan suara dua pasangan capres-cawapres. Hasilnya, pasangan nomor urut 01, Joko Widodo- Ma’ruf Amin unggul telah dari Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.

“Proyeksi hasil Pilpres 17 April 2019 dengan asumsi golput merata, Jokowi-Ma’ruf 59,9 persen sementara Prabowo-Sandiaga 40,1,” kata Direktur eksekutif Indo Barometer, M Qodari, di Hotel Haris, Jakarta Selatan, Sabtu (13/4)

Hasil itu menunjukkan selisih suara pasangan 01 dan 02 mencapai dua digit yakni 19,8 persen.

“Adapun rentang suara 01 antara 57,07%-62,73% dan Prabowo -Sandiaga antara 37,27%-42,93%,” ujarnya.

Menurut Qodari, alasan banyaknya pemilih menjatuhkan pilihan pada Jokowi karena tingkat kepuasan pada kinerja pemerintahan mantan wali kota Solo itu.

“Kita perlihatkan pada survei sebelumnya pertama tingkat kepuasan kepada Pak Jokowi itu di angka sekitar 65 persen, jadi mayoritas puas,” ucapnya

“Biasanya kalau calon petahana itu tingkat kepuasannya tinggi dia akan dipilih kembali, kedua evaluasi terhadap kepribadian dan kemampuan Pak Jokowi juga lebih bagus daripada Pak Prabowo,” tambahnya.

Survei ini diikuti 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampel adalah multistage random sampling serta teknik pengumpulan data adalah tatap muka. Sementara margin of error 2,8 persen.

Di hari ini juga, dua lembaga juga merilis hasil survei mereka. Lembaga survei Poltracking Indonesia menyebut perolehan suara pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf 54,4 persen.

Sedangkan pasangan 02, Prabowo-Sandi memperoleh suara 45,5 persen. Elektabilitas keduanya kini hanya terpaut 9 persen.

Media juga merilis surveinya. Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, mengatakan pasangan Jokowi-Ma’ruf dengan perolehan suara 47,2 persen.

Sementara pasangan Prabowo-Sandi 39,5 persen. Sebanyak 13,3 persen masih belum menentukan pilihan atau termasuk undecided voter.

Dengan gambaran hasil survei ini, terbuka peluang bagi petahana maupun penantang untuk memenangkan pilpres 2019 bila mampu meraup sebanyak-banyaknya undecided voters.

Exit mobile version