Site icon Beritaenam.com

Tanggapi Pernyataan Sudirman Said soal Freeport, Jonan: Kalau Sudah Mantan Nggak Usah Komentar

Ignasius Jonan.

beritaenam.com, Jakarta – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkap pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan James Robert (Jim Bob) Moffet. Menurut Sudirman pertemuan terjadi pada Oktober 2015 dan saat itu Moffet menjabat sebagai Executive Chairman Freeport McMoRan, induk PT Freeport Indonesia.

Merespons pernyataan Sudirman, Menteri ESDM Ignasius Jonan angkat bicara. Jonan meminta Sudirman Said, yang juga mantan koleganya di Kabinet Kerja, tak banyak komentar.

Jonan dan Sudirman pernah bersama-sama di Kabinet Kerja yang dibentuk pada Oktober 2014. Saat itu Jonan menjabat Menteri Perhubungan dan Sudirman Said Menteri ESDM.

“Sebenarnya kalau mantan itu sebaiknya nggak komentar, nggaklah, nggak usah komentar,” kata Jonan di Kementerian ESDM Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Jonan pun mengatakan, dirinya tak juga tak akan berkomentar kalaupun melepas jabatannya. Hal itu terjadi saat dia melepas jabatan sebagai Menteri Perhubungan.

“Saya nggak ada, saya berhenti sebagai Menteri Perhubungan, saya komentar nggak, sampai sekarang pernah komentar nggak,” tambahnya, seperti dikutip dari detik.com

Jonan mengatakan, negosiasi saham PTFI dimulai dari nol. Dalam negosiasi itu, dirinya juga menepis adanya pertemuan khusus antara Bos Freeport McMoRaN dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi)

“Sampai perjanjain ditandangani (akuisisi) yang masuk televisi,” ujarnya.

Sebagai informasi, mantan Menteri ESDM Sudirman Said menyinggung adanya pertemuan rahasia antara Jokowi dan Executive Chairman Freeport McMoRan Jim Moffet sebelum akuisisi.

Pria yang kini menjabat sebagai Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ini menyatakan paket deal saham itu tak sepenuhnya menguntungkan Indonesia.

Exit mobile version