Site icon Beritaenam.com

Tidak Hanya Bumbu Masakan, Ini Manfaaf Bawang Putih Bagi Kesehatan

Ilustrasi

beritaenam.com – Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan. Bawang putih juga punya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Setiap satu ons bawang putih mengandung mangan 23 persen dari angka kecukupan gizi (AKG), vitamin B6 17 persen dari AKG, vitamin C 15 persen dari AKG, selenium 6 persen dari AKG, dan serat 0,6 gram. Bawang putih juga mengandung kalsium, tembaga, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1.

Telah lama bawang putih dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat lainnya, sebagai berikut.

1. Mengurangi Stres

Konsumsi bawang putih akan meningkatkan enzim antioksidan dalam tubuh dan mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan hipertensi.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Rutin mengonsumsi bawang putih berdampak baik bagi kesehatan jantung. Mengonsumsi sekitar empat siung sehari akan membantu menurunkan tekanan darah.

3. Detoksifikasi Logam dalam Tubuh

Bawang putih akan mendetoksifikasi logam berat dalam tubuh yang memperburuk kesehatan jantung. Sumber logam berat berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang ditanam di tanah dan tercemar, atau daging dari ternak yang makan rumput tercemar.

4. Cocok untuk Diet

Selain menyehatkan jantung, bawang putih sangat cocok untuk dimasukkan dalam menu diet. Tidak menyebabkan berat badan bertambah.

5. Mengurangi Kolesterol

Konsumsi bawang putih secara teratur akan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) sekitar 10-15 persen. Kolesterol jahat dapat memicu penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke.

Untuk mengoptimalkan proses menurunkan kolesterol, Anda harus mengimbangi dengan mengurangi makan makanan yang digoreng dan makanan yang tinggi kolesterol lainnya, rutin berolahraga.

Exit mobile version