Site icon Beritaenam.com

Tinjau Program Mekaar, Jokowi dan Iriana Borong Jajanan untuk Jan Ethes

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana beli jajanan UMKM saat meninjau program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Lapangan Cepoko, Magetan, Jawa Timur, Jumat (1/2/2019).

beritaenam.com, Magetan – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengawali kegiatan kunjungan kerja di Jawa Timur, dengan meninjau program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera ( Mekaar ) di Lapangan Cepoko, Magetan, Jumat (1/2/2019). Dalam kunjungan kerjanya, Jokowi datang didampingi Ibu Negara Iriana .

Jokowi tiba di lokasi acara dengan mengenakan kemeja panjang putih dan baju koko. Jokowi dan rombongan langsung meninjau stand UMKM yang merupakan binaan program Mekaar.

Tampak Jokowi memborong kerupuk lempeng, rempeyek, dan brambang goreng. Sementara Iriana membeli camilan untuk cucu pertamannya Jan Ethes , yakni kuping gajah berwarna putih cokelat.

“Ini beli kuping gajah, Ethes senang makan kuping gajah, melungker-melungker dan manis. Camilan kecil gini,” kata Iriana yang mengenakan baju putih dan dibalut kerudung putih.

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan pentingnya menjaga kejujuran dalam mengikuti program Mekaar.

Karena itu, ia mengingatkan kepada nasabah ibu-ibu Program Mekaar untuk menjaga kepercayaan. Pasalnya pinjaman uang yang diberikan tidak menggunakan agunan atau jaminan apapun.

“Kenapa diberi (pinjaman)? karena ibu-ibu dianggap jujur dan bisa dipercaya, karena dapat Rp 4 juta, Rp 3 juta, Rp 2 juta pakai agunan nggak? Nggak artinya ibu-ibu dipercaya, itu yang harus dijaga, kepercayaan itu yang harus dijaga, kalau dicap tidak dipercaya, sulit mendapat pinjaman bantuan seperti ini,” ujar Jokowi.

Karena itu, mantan Gubernur Jakarta ini meminta nasabah untuk tepat waktu dalam mengangsur pinjaman.

“Oleh sebab itu harus ngangsur tepat waktu kalau bisa setiap hari nabung,” ucap dia.

Jokowi kemudian berpesan agar para nasabah giat dalam berwirausaha mengikuti program Mekaar.

“Kerja keras, kalau punya usaha tanpa dibarengi semangat kerja keras lupakan, kalau ingin maju tidak akan bisa maju, harus dengan kerja keras,” tandasnya, seperti dilansir dari suara.com

Dalam tinjauannya, tampak hadir Menteri BUMN Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet (Setkab) Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Exit mobile version