Site icon Beritaenam.com

Tipu-tipu Pedagang di Kuwait: Ikan Ditempeli Mata Mainan Agar Segar

Salah satu foto menunjukkan mata palsu yang biasa dipakai pada mainan itu terlepas dari kelopak mata ikan itu. (BBC)

Beritaenam.com, Kuwait City – Sebuah toko penjual ikan segar di Kuwait ditutup setelah terpergok menempelkan mata ‘googly’ pada ikan yang dijualnya agar ikan-ikan itu tampak lebih segar. Video skandal ikan itu pertama kali beredar di kalangan pengguna WhatsApp setempat.

Foto-foto ikan dengan mata palsu beredar luas di media sosial, disebarkan oleh para blogger lokal dan surat kabar Al Bayan.

Salah satu foto bahkan menunjukkan mata palsu yang biasa dipakai pada mainan itu terlepas dari kelopak mata ikan itu, menampakkan mata aslinya yang berwarna gelap, menunjukkan ikan itu sudah kurang segar.

Segera saja toko-toko ikan lain, para pesaingnya, bereaksi dengan bermacam cara.

Salah satunya kemudian memasang iklan yang menyebut bahwa mereka menjual ikan segar ‘tanpa kosmetik’ dengan menampilkan foto seekor ikan dan berbagai pilihan lensa kontak warna-warni.

Seorang pengguna Twitter menulis: “Jangan pernah menilai kesegaran ikan karena matanya yang berbinar-binar.”

Sementara pengguna Twitter bernama M’BlockU mengatakan kira-kira, sepandai-pandai menyembunyikan ikan busuk, mata palsunya akan terpergok juga.”

Tapi ada juga yang secara ironis memuji kiat pemasaran penjual ikan itu yang disebutnya kreatif. Dan ternyata, akal-akalan penipuan penjual ikan di Kuwait bukan yang pertama kali.

Pada bulan Juli lalu, seorang pedagang ikan lainnya di Kuwait dituduh menjejali ikannya dengan paku-paku baja untuk membuatnya jadi lebih berat sehingga lebih mahal ketika dijual.

Exit mobile version