Site icon Beritaenam.com

TKN: Jokowi Unggul Mencari Solusi, Prabowo Tak Kendalikan Emosi

Hasto Kristiyanto.

beritaenam.com, Jakarta – Capres Joko Widodo (Jokowi) dinilai unggul dalam debat capres 2019. Jokowi diklaim menguasai persoalan terkait tema debat.

“Dari debat akhirnya terlihat Pak Jokowi mampu memahami aspek yang paling fundamental terhadap politik pertahanan, di mana gagasannya melindungi segenap bangsa,” kata Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, kepada wartawan, Sabtu (30/3/2019).

Dari debat, menurut Hasto, Jokowi sangat visioner karena berpengalaman dari wali kota hingga gubernur dan mengerti tata kelola pemerintahan. Hasto mencontohkan soal pernyataan Jokowi yang benar-benar percaya pada kemampuan TNI.

“Sementara Pak Prabowo kalau saya lihat, beliau terjebak pada berbagai persoalan masa lalu, pada persoalan yang diungkap sejak tahun 2009. Di situ Pak Prabowo menunjukkan bagaimana seorang pemimpin seharusnya mampu mengendalikan emosi daripada menyatakan kepada audiens, menghardik audiens,” sambung Hasto.

Padahal seorang pemimpin, sambung Hasto, perlu merangkul dan tidak emosional. Pemimpin juga disebut seharusnya tidak terjebak masa lalu.

“Dengan demikian, seluruh debat menunjukkan keunggulan bagi Pak Jokowi. Ini adalah menampilkan watak sejati seorang pemimpin. Tabir seorang pemimpin justru terungkap dalam debat ini, dan Pak Jokowi tampil mencari solusi bagi negeri,” imbuh Hasto.

“Kalau kita melihat, bukan bermaksud menyombongkan diri, tapi dalam seluruh segmen itu, Pak Jokowi unggul atas Pak Prabowo, kecuali penyampaian visi-misi, kalau itu kita anggap seimbang. Maka skor bagi Pak Jokowi adalah 5-0, menang Pak Jokowi,” kata Hasto.

Exit mobile version