Site icon Beritaenam.com

TKN: Kiai Ma’ruf Amin Jago Debat, Problem Beliau Durasi Waktu

Abdul Kadir Karding.

beritaenam.com, Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengatakan pasangan nomor urut 01 siap menjalani debat yang akan digelar Kamis (17/1) nanti. TKN menyebut cawapres Ma’ruf Amin terbiasa debat karena sudah tradisi di Nahdlatul Ulama (NU).

“Kalau Kiai Ma’ruf dalam debat beliau jago. Di NU ada dua tradisi yang sering dilakukan. Pertama halaqah, diskusi debat tentang satu hal. Yang kedua bahtsul masail, artinya perdebatan mengenai soal fikih tertentu, peraturan hukumnya seperti apa, lahirlah fatwa. Lahirlah rekomendasi PBNU dan sebagainya

Dia mengatakan Ma’ruf hanya punya masalah soal durasi waktu. Ma’ruf, lanjutnya, terbiasa debat dalam waktu panjang.

“Dalam soal debat Kiai tidak ada masalah, problem Kiai durasi waktu. Beliau terbiasa debat dengan waktu yang panjang. Tim menyampaikan bahwa nanti itu penyampian visi itu tiga menit. Kalau kiai mau ngomong harus dibatasi, memilih kata yang tepat untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan. Supaya gampang dicerna memiliki daya tarik dan hope yang tinggi,” ucap Karding.

Dilansir dari detik.com, TKN saat datang ke rumah mantan Rais Aam PBNU itu juga memperjelas soal mekanisme debat. Karding mengatakan Ma’ruf juga memberi masukan soal poin-poin terkait tema debat pertama.

“Dalam banyak hal, jawaban yang sudah kita buat. Itu dikritisi dan diperkaya oleh kyai. hampir seluruh poin itu pasti diperkaya,” tutur politikus PKB ini.

Exit mobile version