Site icon Beritaenam.com

Trik Fotografi Ciamik untuk Abadikan Momen Liburan

Foto media sosial mengabadikan momen liburan.

Pemandangan saat naik pesawat

Plane | www.instagram.com

Jika kebetulan kamu duduk di samping jendela, wajib hukumnya untuk mengabadikan pemandangan saat berada di atas awan. Manfaatkan posisi itu untuk mengambil gambar dari jendela pesawat.

Pemandangan langit biru dan sayap pesawat yang menembus awan bisa jadi foto yang menarik untuk diunggah di media sosial. Bahkan untuk sekadar jadi koleksi pribadimu juga bisa. Kalau hendak mengunggahnya, pakai caption yang menjabarkan cerita menarik dari perjalananmu, ya.

2.

Selalu bawa kamera ke mana pun kamu pergi

Bawa kamera | unsplash.com

Jangan tinggalkan kamera saat bepergian menyusuri lokasi liburanmu. Supaya enggak ada lecet, investasikan sedikit budget-mu untuk melengkapi tasmu dengan bahan waterproof. Jika ada rezeki, sekalian beli tas khusus kamera yang waterproof.

Siapkan kamera dan terai yang siap tempur untuk mengabadikan perjalananmu ini.

3.

Foto binatang liar yang kamu temui di tempat wisata

Satwa | www.instagram.com

Selain foto manusia dan lanskap pemandangan, enggak ada salahnya untuk memotret hewan yang berkeliaran di sekitarmu. Jika kebetulan menemukan satu ragam satwa yang ada di lokasi tempat liburanmu.

Usahakan tidak perlu menggunakan flash agar tak menyakiti dan mengejutkan satwa tersebut. Tetap hati-hati dan selalu utamakan keselamatan saat memotret hewan ini ya.

4.

Momen candid itu harus!

Candid | www.instagram.com

Sepertinya, selfie sekarang sudah mulai ditinggalkan. Berganti dengan tren candid. Tapi, bila kalian pergi bersama teman, mintalah ia untuk membantumu mengambil foto.

Atau jika terpaksa karena kamu pergi sendiri, coba gunakan tripod untuk mengambil fotomu dari angle dan jarak yang tepat seakan ada orang lain yang mengambil fotomu. Tapi, tidak ada salahnya juga untuk meminta tolong sesama turis untuk mengambil gambarmu.

5.

Jangan di-skip deh, foto makanan itu tak kalah menarik

Makanan | www.instagram.com

Makanan yang jarang kamu temui di tempat lain bisa jadi konten yang bagus untuk dijepret. Dengan mengabadikan makanan yang baru untuk lidahmu ini, kamu akan kembali teringat dengan perjalananmu saat melihat kembali foto ini.

6.

Foto penduduk lokal, tentunya dengan izin dan sepengetahuan mereka

Penduduk lokal | www.instagram.com

Di beberapa negara, mengambil foto orang tanpa izin bisa berakhir fatal. Untuk itu, sebelum melakukan pemotretan, ada baiknya kamu meminta izin pada penduduk lokal tersebut. Kecuali kamu mengambil gambar dengan banyak orang di dalam satu frame atau hanya tampak belakang.

7.

Cari titik terbaik untuk memotret sebuah landmark

Landmark | www.instagram.com

Biasanya, titik terbaik ini adalah di tengah landmark. Foto tepat di tengah selalu menarik dan enak dipandang daripada foto yang hanya tampak sebagian dari landmark-nya. Selain itu, kamu juga bisa mencari titik strategis misalnya dari sebuah bangunan lain yang lebih tinggi dari landmark yang disasar.

Baca juga: Tips Fotografi Hasilkan Foto Siluet yang Keren

8.

Sebuah event atau festival kebudayaan lokal adalah surga bagi penggemar foto

Festival lokal | www.instagram.com

Kamu akan menemukan banyak hal unik dalam sebuah festival. Entah kostum peserta, atribut dan dekorasi acara, makanan. Bahkan ekspresi pengunjung lain yang sama-sama kagumnya denganmu juga sangat layak untuk diabadikan. Cari tahu festival atau acara menarik apa yang sedang berlangsung di tempat liburanmu.

9.

Bangunan atau arsitektur yang indah adalah sumber fotomu

Arsitektur | www.instagram.com

Keindahan arsitektur sebuah bangunan juga sumber foto yang nggak harusnya kamu lewatkan begitu saja. Biasanya setiap daerah atau negara punya beberapa bangunan unik yang tentu sangat menarik saat kamu foto dari angle yang tepat.

Exit mobile version