Site icon Beritaenam.com

Trust, Talent dan Technology 

Beritaenam.com — Para pelaku bisnis khususnya pelaku UMKM harus bisa beradaptasi dengan perubahan saat ini yang dimana masyarakat lebih banyak bertransaksi dari offline ke online.

Dalam merancang strategi digital untuk para UMKM ada tiga hal yang disebut penting yaitu konten, database, dan iklan.

Sementara  yang menjadi topik utama diskusi yang diadakan The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) dengan para pakar industri di kawasan Asia Tenggara.

Southeast Asia (SEA) Virtual Economic Forum 2020 yang diadakan ICAEW menyimpulkan bahwa ada tiga hal yang harus dimiliki pebisnis agar dapat adaptasi new normal.

Ketiga hal tersebut adalah trust (rasa percaya), talent (sumber daya manusia), dan technology (teknologi).

Kegigihan dan kemampuan beradaptasi pemilik usaha menjadi faktor penting dalam menentukan kesuksesan usaha yang dibangun. Adaptasi dapat diawali dengan melakukan riset konsumen sebagai data untuk mengevaluasi apakah produk atau jasa yang dimiliki masih relevan dengan kebutuhan konsumen saat ini.

Setelah melakukan riset, proses adaptasi yang kemudian bisa dilakukan adalah mengeluarkan inovasi – inovasi baru yang masih selaras dengan core bisnis untuk memenuhi kebutuhan baru dari konsumen. Misalnya, pemilik ritel pakaian beralih ke pembuatan APD seperti masker atau pengusaha katering beralih membuat frozen food.

Pemilik usaha perlu melakukan penilaian untuk kondisi keuangan usaha saat ini. Lakukan review dan menetapkan skala prioritas untuk belanja modal dan operasional perusahaan penting dilakukan. Menyusun kembali proyeksi arus kas, minimal untuk 12 bulan ke depan, kemudian meninjau ulang dan mengawalnya dalam kurun mingguan agar memastikan arus kas dalam kondisi sehat.

Anda mana yang lebih ok?

Exit mobile version