Site icon Beritaenam.com

UEFA Nations League: Portugal Kalahkan Italia 1-0

Beritaenam.com – Portugal memetik angka penuh saat menjamu Italia di lanjutan UEFA Nations League. Gol tunggal Andre Silva di awal babak kedua memenangkan Portugal 1-0.

Bertanding di Estadio Da Luz, Selasa (11/9/2018) dinihari WIB, Portugal bermain dominan meski tanpa Cristiano Ronaldo.

Tuan rumah mencatatkan penguasaan bola sebesar 55%, melepaskan 11 tembakan dengan enam yang mengarah ke gawang. Sementara Italia punya 10 percobaan, namun hanya dua yang tepat target.

Portugal langsung mengancam di menit kelima lewat sepak pojok. Umpan Ruben Neves disambut sundulan William Carvalho yang berdiri cukup bebas.

Tandukannya tak mengarah ke gawang, hakim garis juga belakangan mengangkat bendera offside.

Sebuah umpan buruk di pertahanan membuat Italia nyaris dihukum pada menit ke-15. Bernardo Silva mendapatkan kans, tapi kehilangan momentum sehingga peluang terbuang.

Italia kembali kehilangan penguasaan di pertahanan sendiri lima menit berselang. Andre Silva melepaskan tembakan tapi masih bisa ditahan oleh Gianluigi Donnarumma.

Portugal nyaris unggul di menit ke-27. Donnarumma gagal memetik bola sundulan Carvalho di udara, yang kemudian jatuh di kaki Bernardo. Bernardo mengarahkan tendangan ke gawang, namun bola disapu Alessio Romagnoli.

Portugal semakin dekat dengan gol. Di menit ke-31, sepakan Mario Rui mengenai Bryan Cristante dan mengarah ke gawang. Bola pada prosesnya mengenai tiang.

Portugal menginginkan penalti di menit ke-35, saat Andre Silva jatuh dalam duel dengan Domenico Criscito. Tapi wasit tak melihatnya sebagai pelanggaran. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Portugal memetik keunggulan. Lewat sebuah serangan cepat, Bruma yang menusuk di kiri mengoper ke Andre Silva di kanan. Silva menyelesaikannya dengan tembakan kaki kiri ke pojok kiri gawang.

Portugal kembali mengancam di menit ke-53. Bernardo melepaskan tembakan keras yang dengan gemilang ditepis oleh Donnarumma.

Sementara terus kesulitan mengembangkan permainan, Italia kembali tertekan. Donnarumma lagi-lagi melakukan penyelamatan di menit ke-69, saat harus menepis sepakan Pizzi dan mengamankan bola yang memantul.

Italia mendapatkan peluang dari sepak pojok di menit ke-78. Sundulannya masih melambung di atas mistar gawang. Sundulan Mattia Caldara meneruskan umpan Emerson Palmieri pada menit ke-83 masih melenceng.

Portugal kembali menebar ancaman di menit ke-86. Kali ini lewat Renato Sanches, yang tendangannya masih bisa dihalau oleh Donnarumma. Tak ada lagi gol tercipta hingg waktu penuh.

Dengan kemenangan ini, Portugal sementara memimpin UEFA Nations League A Grup 3 dengan tiga poin dari satu laga. Disusul Polandia di posisi dua dengan satu poin dari satu pertandingan.

Sementara Italia ada di posisi terbawah dengan satu poin dari dua pertandingan.

Susunan pemain:

Portugal: Rui Patricio; Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, Mario Rui; William Carvalho (Oliveira 86′), Ruben Neves, Pizzi (Sanches 74′); Bernardo Silva, Andre Silva, Bruma (Gelson 77′)

Italia: Gianluigi Donnarumma; Manuel Lazzari, Mattia Caldara, Alessio Romagnoli, Domenico Criscito (Emerson 74′); Byran Cristante (Belotti 79′), Jorginho, Giacomo Bonaventura; Simone Zaza, Ciro Immobile (Berardi 59′), Federico Chiesa

Exit mobile version