Site icon Beritaenam.com

Unggul 324 Kursi, Partai PM India Narendra Modi Menangkan Pemilu Terbesar di Dunia

Perdana Menteri India Narendra Modi (Foto: REUTERS)

New Delhi – Partai nasionalis Hindu pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi meraih kemenangan bersejarah dalam pemilihan umum (pemilu) India.

Koalisi National Democratic Alliance (NDA) yang dipimpin partai Modi, Bharatiya Janata Party (BJP) telah unggul dengan mendapatkan 324 kursi.

Sementara oposisi koalisi United Progressive Alliance yang dipimpin Partai Kongres (Congress Party) pimpinan Rahul Gandhi, meraih 111 kursi dalam penghitungan suara pukul 10.00 waktu setempat, atau sekitar dua jam setelah penghitungan suara dimulai.

Sebuah partai atau koalisi memerlukan setidaknya 272 kursi untuk mendapatkan suara mayoritas di parlemen yang beranggotakan 543 orang.

Kemenangan ini disebut bersejarah karena menjadi yang pertama kalinya sejak 1984, satu partai menjadi mayoritas di parlemen dalam dua pemilu berturut-turut.

Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj yang juga merupakan tokoh senior BJP, mengatakan bahwa partainya telah meraih “kemenangan masiv”.

Hasil ini disambut kegembiraan di markas besar BJP di New Delhi. Para staf partai bersorak-sorai saat menyaksikan siaran-siaran televisi yang melaporkan keunggulan partai mereka.

“Ini mandat yang sangat besar bagi politik dan kebijakan positif Narendra Modi,” ujar GVL Narasimha Rao, juru bicara MJP. “Ini kemenangan besar bagi India, kami merasa rendah hati dengan kemenangan yang luar biasa ini,” imbuhnya.

Hal sebaliknya dirasakan para tokoh partai oposisi utama, Congress Party pimpinan Rahul Gandhi. “Ini jelas tidak menguntungkan kita sama sekali,” kata Salman Soz, juru bicara Congress Party. “Kita harus menunggu hasil lengkapnya, tetapi saat ini hasilnya tidak bagus,” cetusnya.

Hasil final dari penghitungan suara akan diketahui pada Kamis malam waktu setempat.

Lebih dari 900 juta pemilih memberikan suaranya di berbagai tempat pemungutan suara dalam proses yang mencapai tujuh fase dari 11 April hingga 19 Mei.

Komisi Pemilu menyatakan, partisipasi pemilih tercatat lebih dari 67% dan mencatatkan rekor serta menjadikan pemilu India sebagai pesta demokrasi terbesar di dunia.

Exit mobile version