Site icon Beritaenam.com

Untuk Ketiga Kalinya Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik

Sri Mulyani.

beritaenam.com, Jakarta – Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati kembali dinobatkan sebagai Menteri Terbaik se-Asia Pasifik. Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya berturut-turut diberikan oleh Majalah Keuangan FinanceAsia.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti mengatakan, Sri Mulyani dinilai berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik.

Selain itu, Sri Mulyani juga telah mengendalikan defisit APBN ke level terendah dalam enam tahun terakhir.

Pada tahun lalu, defisit anggaran teratat 1,76 persen. Hal ini tidak terlepas dari membaiknya realisasi penerimaan pajak lewat program Amnesti Pajak yang mendorong perbaikan tingkat kepatuhan wajib pajak.

“Melalui Global Green Sukuk, Menkeu Sri Mulyani juga mengantarkan Indonesia menjadi negara Asia pertama yang menjual green bonds, surat utang yang digunakan secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan, yang terjual hingga 1,25 miliar dolar AS,” kata Nufransa, Kamis (4/4/2019).

Selain itu, Nufransa menyebut, Kemenkeu di bawah Sri Mulyani bersama dengan Bank Indonesia dinilai berhasil menjaga stabilitas nilai tukar.

Padahal, kondisi eksternal sedang tidak baik yang ditandai kebijakan Fed dan perang dagang antara AS dan China.

Nufransa menyebut, FinanceAsia menilai kinerja menkeu se-Asia Pasifik dalam mengelola APBN dalam satu tahun terakhir.

Menkeu terbaik diberikan kepada yang paling berhasil menjaga kredibilitas anggaran di tengah tingginya ketidakpastian global.

Sri Mulyani mengalahkan para menkeu negara lain di antaranya Menteri Keuangan Filipina Carlos Domingues, Menteri Keuangan Singapura Heng Swee Keat, dan Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg.

Exit mobile version