Site icon Beritaenam.com

Update Situng KPU: Jokowi-Ma’ruf 54,12 Persen, Prabowo-Sandi 45,88 Persen

beritaenam.com, Jakarta – Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin masih unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno versi sistem hitung (situng) di situs resmi KPU RI.

Jokowi-Ma’ruf tercatat memperoleh 7.339.414 suara atau 54,12 persen, sedangkan Prabowo-Sandi mendapatkan 6.220.999 suara atau 45,88 persen.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, data yang sudah masuk per Minggu 21 April 2019, pukul 11.00 WIB, mencapai 8,72675%.

Perolehan suara yang didata berasal dari 70.979 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 813.350 TPS di seluruh Indonesia.

Dari data di situng, Jokowi-Ma’ruf untuk sementara unggul di 22 wilayah. Antara lain, Sumatera Utara, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, DKI Jakarta, Yogyakarta, Gorontalo, Maluku dan Luar Negeri.

Perolehan suara terbesar untuk Jokowi-Ma’ruf sementara ini ada di Jawa Tengah dengan 1.577.556 suara dan Jawa Timur 997.176 suara.

Sementara itu, Prabowo-Sandi hanya unggul di 13 wilayah antara lain, Sumatera Barat, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Banten, Nusa Tenggara Barat, serta Maluku Utara.

Perolehan suara terbesar Prabowo-Sandi sementara ini ada di Sumatera Barat dengan 455.427 suara dan Jawa Barat 667.358 suara.

Situng merupakan alat bantu yang diberikan KPU RI untuk memublikasikan hasil perolehan suara Pemilu 2019. Sistem ini bisa diakses melalui laman www.pemilu2019.kpu.go.id.

Data yang ditampilkan dalam sistem ini berasal dari pindai C-1 yang mencatat hasil pemungutan surara di setiap TPS. Hasil rekapitulasi pada situng terus diperbarui secara berkala.

KPU RI mengimbau peserta pemilu untuk dapat melaporkan jika merasa data yang diinput dalam situng tidak sesuai. Ini agar KPU segera bertindak untuk mengkroscek hasil lebih lanjut.

“Kami tentu membuka diri apabila terjadi kesalahan-kesalahan yang ditemukan siapapun oleh masyarakat pemantau, oleh peserta pemilu. Silakan sampaikan ke kami kami lakukan pengecekkan,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman, di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 April 2019.

KPU juga mempersilakan jika ada saksi maupun perwakilan dari partai politik untuk dapat ikut memantau situng. KPU telah memfasilitasi dengan mendirikan tenda pemantau situng.

Tenda yang didirikan di halaman gedung KPU memiliki dua layar besar untuk memantau perolehan suara pilpres tingkat nasional. Sedangkan pada sisi kanan dan kiri disediakan masing-masing tiga layar kecil untuk memantu perolehan suara partai politik.

“Tampilan di layar ini tampilan real time, real count yang dilakukan oleh kpu kabupaten kota berdasarkan hasil pergitungan suara di masing-masing TPS,” tuturnya.

Exit mobile version