Site icon Beritaenam.com

Valverde Tetap Waspadai Keangkeran Anfield Walau Barca Sudah Unggul 3-0

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengamati pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions 2018/2019 kontra Liverpool dari touchline Stadion Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. [Josep LAGO / AFP]

beritaenam.com – Barcelona meraih kemenangan meyakinkan 3-0 atas tamunya, Liverpool dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions 2018/2019 di Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB.

Lionel Messi untuk kesekian kalinya muncul sebagai inspirator kemenangan Barcelona. Setelah unggul 1-0 lewat gol Luis Suarez di babak pertama, Messi memantapkan kemenangan Blaugrana lewat brace-nya di 15 menit terakhir waktu normal.

Well, dengan keunggulan agregat tiga gol menuju leg kedua yang akan dihelat di Anfield tengah pekan depan, Barcelona kini jelas berada di atas angin untuk lolos ke partai final.

Meski demikian, kondisi ideal ini rupanya belum membuat pelatih Barcelona, Ernesto Valverde tenang. Entrenador berusia 55 tahun itu tetap mewaspadai keangkeran Anfield pada leg kedua nanti, seraya meminta anak-anak asuhannya untuk tetap fokus dan tak terlena.

Meski menang telak, Barcelona sendiri memang dibuat cukup kerepotan oleh Liverpool pada laga dini hari tadi.

Liverpool sejatinya unggul penguasaan bola mencapai 52 persen. Merupakan sesuatu yang langka Barcelona kalah dalam ball possession di kandang sendiri.

Liverpool juga unggul dalam jumlah percobaan tembakan meski mereka bermain tandang, yakni 15 berbanding 10. Namun, efektivitas tim tuan rumah serta tentunya magis dari seorang Messi memang jadi pembeda kali ini.

Sebagai informasi, keunggulan margin tiga gol pernah melayang dari tangan Barcelona di pentas Liga Champions musim lalu.

Menang 4-1 dari AS Roma di kandang pada leg pertama, Barcelona di luar dugaan keok 0-3 di laga tandang pada leg kedua dan akhirnya harus rela tersisih di fase perempatfinal.

Nah, kelengahan inilah yang diwaspadai oleh Valverde.

“Kami tidak bisa berbohong, ini selalu hasil yang baik ketika Anda menang dengan skor yang besar dan lawan Anda tidak mencetak gol,” buka Valverde seperti dilansir ESPN.

“Namun, kami cukup menderita di leg pertama ini. Lawan tampil sangat baik. Masih ada 90 menit lagi. Kami bisa mencetak gol, mereka bisa melakukannya juga pada leg kedua nanti,” lanjutnya.

“Mereka lebih baik daripada kami untuk beberapa kesempatan dan kami tahu apa yang bakal terjadi di sana (Anfield). Kami tahu atmosfer di sana dan kami tahu itu akan jadi laga yang berat. Kami harus tetap fokus, kami tak boleh lengah seperti musim lalu,” celoteh Valverde.

“Saya melihat tim yang memiliki kemampuan untuk membuat tim mana pun menderita. Tahun lalu kami memiliki keunggulan tiga gol dan kami tersingkir. Kami telah mengambil hasil yang bagus tetapi persaingan belum usai!” tegas eks entrenador Athletic Bilbao tersebut.

Exit mobile version