Site icon Beritaenam.com

Video Wawancara Anji dan Prof Hadi Pranoto Dicopot YouTube

Dalam video itu, Hadi Pranoto disebut sebagai profesor, pakar mikrobiologi sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19. Dia mengklaim obat temuannya mampu menyembuhkan dan mencegah penyakit Corona.

Beritaenam.com — Wawancara di Youtube oleh musisi Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab di sapa Anji menuai kontroversi. Nara sumber disebut seorang profesor, pakar mikrobiologi, dan juga Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19.

Dalam video yang berjudul ‘Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!’, pihaknya menyatakan bahwa antibodi tersebut sudah berhasil menyembuhkan banyak orang yang terinfeksi virus corona.

Video tersebut pun sontak heboh di media sosial, bahkan menjadi trending dalam Twitter Indonesia, bahkan lebih dari 60 ribu tweet yang mencantumkan nama ‘Anji’ di dalamnya.

Tak hanya warganet, video tersebut pun mendapatkan komentar dari Tompi hingga Joko Anwar dalam media sosial Twitter pribadi mereka.

Lagi heboh banget sama berita @duniamanji wawancara profesor penemu obat COvid, bukan GAK MUNGKIN loh, bisa saja benar. Tapi begini anji, sebuah penemuan apalagi medis ya, HARUS dipresentasikan dengan tata cara ilmiah, supaya teruji terukur dan bisa diulang,” tulisnya dalam akum Twitternya.

Joko Anwar juga memberikan sindiran terhadap pernyataan Hadi Pranoto yang menyebut bahwa perlu suhu panas di atas 350 derajat untuk bisa membunuh virus corona tersebut.

Bahkan jika dicari lagi, video tersebut sudah tidak ada di YouTube atau dengan kata lain, YouTube sudah dengan resmi menghapus video tersebut.

Jika dibuka, keterangan dalam video tersebut menyatakan bahwa kontennya tidak sesuai dengan pedoman komunitas YouTube.

“Video ini telah dihapus karena melanggar Pedoman Komunitas YouTube,” tulis keterangan pada link video tersebut. Tidak bisa diakses lagi sejak 2 Agustus 2020 malam. Video tersebut sudah dihapus oleh YouTube.

“Saya dikatakan memberi panggung pada orang yang tidak kredibel. Videonya di-share ke mana-mana oleh banyak orang. Ditonton banyak orang menjadi trending. Lalu di-banned oleh pihak YouTube,” tulis Anji.

Dalam video itu, Hadi Pranoto disebut sebagai seorang profesor, pakar mikrobiologi, sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19.

Hadi Pranoto mengklaim temuan antibodi Covid-19 itu telah menyembuhkan banyak orang dari infeksi virus corona.

Anggota Bidang Kesekretariatan, Protokoler, dan Public Relations Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Abdul Halik Malik meminta semua pihak menyampaikan informasi mengenai Covid-19 secara jelas sehingga tak menimbulkan kebingungan di masyarakat.

Exit mobile version