Site icon Beritaenam.com

WNI Eks ISIS Kembali Ke Indonesia, Viral

“Ya kalau bertanya kepada saya (sekarang), ini belum ratas (rapat terbatas) ya. Kalau bertanya kepada saya (sekarang), saya akan bilang tidak (bisa kembali). Tapi, masih dirataskan,” ujar Jokowi di Istana Negara.

Jokowi menyebut, pemerintah masih memerhitungkan berbagai dampak pemulangan WNI eks ISIS, dalam hal dampak positif dan negatifnya, melalui rapat terbatas. Karena, “Saya masih ingin mendengar pandangan masing-masing menteri terkait dalam wacana pemulangan tersebut.”

Apakah mereka itu perlu di-screening atau pun perlu dimasukkan ke dalam program pemerintah yang ada.

Entah program Departemen Sosial maupun BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme). Mengenai bersilaturahmi secara humanis dengan saudara saudara dan keluarga yang mereka tinggalkan.

Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan hingga saat ini pemerintah belum mengambil langkah memulangkan atau tidak ratusan WNI eks ISIS di Suriah. tidak.
“Saya pribadi enggak setuju WNI ISIS kembali ke Indonesia,” kata Mahfud.
Wacana soal pemulangan WNI eks ISIS ini didengungkan Menag Fachrul Razi dalam sebuah acara beberapa waktu lalu. Namun informasi tersebut kemudian diklarifikasi.
Menag Fachrul klarifikasi Pemulanga WNI ISIS ke Indonesia
Menurut Menag Fachrul yang disampaikan melalui staf khususnya, Ubaidillah Amin, rencana pemulangan WNI eks ISIS adalah info yang salah. Karena untuk memulangkan WNI bekas pengikut ISIS ini bukan hal yang mudah.
Exit mobile version