Site icon Beritaenam.com

WYSIWYG

WYSIWYG atau “What You See Is What You Get” merupakan istilah yang dulu pernah digunakan oleh “word processing software yang bernama Wordstar.”

Kalau Anda mengetahuinya berarti anda bisa jadi Gen Xers atau Baby Boomers. Just Kidding! 😊

Sebelum adanya penemuan tersebut. Apa yang kita ketik dilayar & apa yang tercetak saat di cetak / di print hasilnya akan berbeda.

Istilah WYSIWYG memang sudah lama ditinggalkan & dilupakan orang namun istilah ini kini menjadi fenomena baru di dunia psikologi.

Kenapa?

Konsep ini digunakan agar seseorang mampu mencetak apa yang diimajinasikan tentang dirinya di masa mendatang.

Para psikolog menemukan bahwa tidak ada yang mengatur hidup kita lebih dari citra diri kita sendiri. Kita hidup sesuai dengan orang yang kita lihat dicermin. Kita akan menjadi seperti apa yang kita pikirkan tentang diri kita.

Ya… Hidup kita dipengaruhi oleh cara kita memandang diri kita. Jika Visi kita hanya menjadi orang yang biasa-biasa saja, maka jadilah kita orang yang biasa-biasa.

Untuk mengubah hidup kita langkah pertama adalah ubahlah Visi tentang diri kita di masa mendatang.

Di tahun 1976 Arnold Schwarzenegger belumlah terkenal seperti sekarang. Ketika itu ia diwawancara oleh seorang wartawan. “Apa yang ingin kau lakukan setelah pensiun dari binaraga?”

Arnold berkata: “Aku mau jadi aktor #1 di Hollywood.” Wartawan itu terkejut & heran pada rencana Arnold…

Dalam pikirnya, “Mana mungkin seorang binaraga seperti Arnold bisa menjadi aktor No. 1 Di Hollywood, menjadi pemain figuran barangkali bisa, tapi menjadi aktor no. 1 itu adalah mimpi.

Ditambah lagi bahasa inggrisnya yang buruk dengan aksen Austria yang begitu kental. Bagaimana bisa jadi aktor #1 di Hollywood!” Wartawan itu pun bertanya: “Terus apa rencana kamu untuk memperoleh mimpimu ini?”

Arnold: “Saya akan melakukannya persis sama seperti ketika saya jadi Binaragawan #1 di dunia. Saya mulai dengan menciptakan Visi diri lalu saya akan coba hidup sesuai dengan orang yang ada dalam Visi saya tsb.” Yah… Arnold Schwarzenegger kita tau berhasil mewujudkannya.

Ingatlah bahwa kita hanya punya 1 kehidupan. Mengapa kita tidak hidup dengan Visi terbaik bagi kehidupan kita?

Ingatlah konsep WYSIWYG ini. Apa yang kita lihat dalam pikiran kita itulah yang akan tercetak nantinya.

“Your beliefs become your thoughts,
Your thoughts become your words,
Your words become your actions,
Your actions become your habits,
Your habits become your values,
Your values become your destiny.”
― Mahatma Gandhi

Have a Beautiful Day! GC

 

Exit mobile version