Site icon Beritaenam.com

XL Axiata Tingkatkan Kualitas Jaringan di IKN: Trafik Layanan Meningkat 300% dalam Setahun

Beritaenam.com — Dalam rangka mendukung kesiapan operasional Ibu Kota Nusantara (IKN), PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kualitas jaringannya di wilayah tersebut. Selama setahun terakhir, terjadi peningkatan trafik layanan yang signifikan, mencapai lebih dari 300%. Peningkatan ini seiring dengan semakin banyaknya aktivitas pembangunan dan kunjungan masyarakat ke area yang akan menjadi ibu kota baru Indonesia.

Kesiapan Jaringan Menjelang Upacara HUT RI ke-79

Sebagai bagian dari persiapan menjelang upacara Peringatan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN, XL Axiata telah memperkuat jaringan dengan menambah tiga unit Mobile BTS (MBTS). Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menjelaskan bahwa peningkatan trafik layanan di kawasan IKN terus meningkat seiring dengan aktivitas pembangunan yang kian masif. “Kami telah menempatkan empat unit MBTS di area proyek pembangunan IKN, serta menambah dua BTS Makro dan tiga BTS tambahan di Swissotel Nusantara,” ujarnya.

Secara keseluruhan, XL Axiata kini telah menyediakan total 12 BTS di area ring 1 IKN. Dengan adanya infrastruktur ini, XL Axiata berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas jaringan guna memastikan kenyamanan dan kemudahan pelanggan dalam menggunakan layanan.

Penguatan Jaringan di Area Penyangga IKN

Tidak hanya di wilayah inti IKN, XL Axiata juga memperkuat jaringannya di area penyangga. Hingga akhir Juni 2024, XL Axiata telah menempatkan sekitar 500 BTS di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Selain itu, XL Axiata juga menambah kapasitas jaringan di kota-kota penyangga seperti Balikpapan dan Samarinda dengan lebih dari 570 BTS di Balikpapan dan hampir 600 BTS di Samarinda, mayoritas di antaranya merupakan BTS 4G.

Dukungan Infrastruktur Fiber Optik dan Konektivitas Internasional

XL Axiata juga telah mempersiapkan infrastruktur jaringan fiber optik untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan layanan telekomunikasi dan internet cepat di IKN. SKKL Batam – Serawak, yang telah beroperasi sejak 1 Juni 2022, menjadi salah satu infrastruktur penting yang menghubungkan Malaysia dan Indonesia. Jaringan kabel optik ini juga berfungsi sebagai alternatif gateway internasional menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong, yang akan memperkuat konektivitas antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Layanan Pelanggan di Wilayah IKN

Untuk memastikan layanan pelanggan tetap optimal, XL Axiata menyediakan berbagai saluran layanan, termasuk XL Center Online yang dapat diakses melalui www.xl.co.id/xlcenter. Selain itu, pelanggan juga dapat mengunjungi gerai XL Center di Balikpapan dan Samarinda untuk mendapatkan layanan secara langsung. Terdapat lebih dari 400 mitra retail outlet (RO) di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, serta lebih dari 940 RO di Balikpapan dan Samarinda.

XL Axiata juga menyediakan layanan Contact Center yang siap melayani pelanggan di IKN melalui Call Center dan layanan Digital Care Maya yang tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet. Layanan ini bersiaga 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan, untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan terbaik.

Dengan berbagai upaya ini, XL Axiata berkomitmen untuk terus memberikan layanan telekomunikasi terbaik di IKN, mendukung kesiapan operasional kawasan tersebut sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia.

Exit mobile version