Hati-Hati, Kekurangan Kadar Gula Darah Bisa Buruk Bagi Kesehatan

37
Gula.

Beritaenam.com – Setiap sel dalam tubuh Anda membutuhkan energi untuk beraktivitas sehari-harinya. Sumber utama energi pada tubuh ialah glukosa atau yang biasa kita sebut gula. Gula darah berperan sangat penting untuk otak, jantung, dan fungsi pencernaan tubuh Anda.

Selain itu, gula juga dapat membantu menjaga kulit dan penglihatan Anda. Apabila kadar gula darah Anda turun di bawah kisaran normal, hal ini disebut hipoglikemia.

Ada banyak gejala gula darah rendah yang dapat diidentifikasi, namun satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki gula darah rendah adalah dengan melakukan tes glukosa.

Alasan yang paling umum terjadinya gula darah rendah adalah beberapa obat yang digunakan untuk mengobati diabetes, seperti contohnya insulin.

Pada diabetes tipe 1, pankreas tidak bisa memproduksi insulin lagi. Pada diabetes tipe 2, pankreas tidak menghasilkan cukup insulin.

Terlalu banyak insulin atau obat diabete oral dapat menurunkan tingkat gula darah, yang menyebabkan hipoglikemia.

Penyebab lainnya adalah meminum teralu banyak alkohol, terutama dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat mengganggu kemampuan hati dan bisa jadi beresiko terkena penyakit liver.

Ketika kadar gula darah Anda terlalu rendah, sel-sel dalam tubuh menjadi kelaparan. Pada awalnya, Anda mungkin memperhatikan gejala kecil seperti rasa lapar, dan sakit kepala.

Namun, jika kadar gula darah Anda tidak naik di waktu yang tepat, Anda mungkin berisiko mengalami kompilasi serius.

Ketika Anda makan, sistem pencernaan Anda memecah karbohidrat dan mengubahnya menjadi glukosa. Seperti yang sudah disebutkan, glukosa merupakan bahan bakar utama untuk tubuh Anda.

Apabila kadar gula darah Anda tidak mencukupi, hal ini dapat menyebabkan jantung berdebar-debar. Biasanya, gula darah yang rendah menyebabkan tubuh Anda melepaskan hormon stres, seperti epinefrin. Epinefrin bertanggung jawab pada tanda-tanda rasa lapar.

Seringkali memang gula darah rendah dapat membuat Anda merasa lapar. Akan tetapi, terkadang gula darah rendah dapat membuat Anda justru menjadi kehilangan selera makan bahkan jika Anda lapar sekalipun.

Selain itu, kadar gula rendah juga dapat menyebabkan berbagai masalah sistem saraf pusat Anda. Gejala awalnya antara lain adalah lemah, kepala terasa ringan, dan pusing. Sakit kepala bisa saja terjadi karena kekurangan glukosa dalam tubuh.

Anda juga mungkin saja merasakan tanda-tanda seperti stres, gugup, cemas, dan mudah marah. Ketika kadar gula rendah pada saat malam hari, hal ini dapat menyebabkan Anda menjadi bermimpi buruk, menangis saat tidur, atau gangguan tidur lainnya.

Gula darah rendah yang tidak ditangani bisa saja berdampak buruk bagi Anda. Hal ini dapat menybabkan kejang, kehilangan kesadaran bahkan kematian.