Nikmatnya Nasi Jamblang Cirebon

102

Beritaenam.com, Cirebon – Nasi Jamblang itu sejarahnya makanan para kuli bangunan, atau buruh pasar. Tapi belakangan ngetop menjadi makanan khas Cirebon.

Ciri khas nasi Jamblang ada pada nasi yang di bungkus daun jati, dalam ukuran mini. Menikmati nasi Jamblang ngga cukup hanya satu bungkus, minimal 2 bungkus.

Ciri khas lain sambal merahnya terasa gurih dan nggak pedas. Lauk dan sayurannya fariatif, ada tempe goreng, tahu goreng, telor, empal, otak sapi dan aneka sayur mayur.

Nah ini yang khas juga: balakutak, cumi yang di masak khusus.

Nasi Jamblang.

Nasi jamblang yang dikenal ada beberapa. Ada nasi jamblang Bu Nur, Mang Dul dan lain-lain. Malam ini kita makan di warung Mbak Iis, di jalan dokter cipto mangunkusumo, cirebon. Yang masak adalah Ibu Sarimi, orang tua dari mbak Iis.

Kita menikmati masakan bu Sarimi, yang sudah sepuh dan pengalaman buka warung makan lebih dari 10 tahun ini.

Menurut mas Joko, putra beliau, sebelumnya jualan di terminal bus Damri, nggak jauh dari lokasi saat ini. Jualan nasi jamblang menurutnya ada pasang surutnya, kadang ramai, kadang sepi, sabtu – minggu biasanya cukup ramai.

Bersama Maulana Ardiansyah yang menghabiskan 5 bungkus nasi Jamblang.

Buka dari jam 7 malam, jam 11 malam biasanya sudah habis. Pada hari-hari biasa buka sampai jam 2 malam. Jam tujuh ketika baru buka, makanan masih komplit, dan sajian masih hangat dan fresh.

Mas Joko mengatakan, biar pun dagang di pinggir jalan, kebersihan makanan tetap di jaga dan fresh. Makanya banyak pelanggan di warung mbak Iis (nama ini di ambil dari nama anak pertama bu Sarimi).

Bersama mas Joko putra pemilik warung nasi Jamblang.

Salah satunya Walikota Cirebon, sering datang dan menikmati makanan khas hasil olahan bu Sarimi.

“Pak Wali Kota sering datang malam-malam pake sepeda motor. Makanan lesukaan beliau sayuran dan tahu bacem sambal terasi,” kata mas Joko.

Kenapa nasi dibungkus daun jati, dalam porai kecil-kecil ? Supaya bikin orang ketagihan dan nambah lagi. Daun jati ternyata bisa bikin awet dan nggak basi. Bisa bertahan sampai 2 hari, katanya.(*)