Site icon Beritaenam.com

Bukti Setia pada NKRI, Warga Puncak Jaya Serahkan Alat Perang ke TNI

Warga Kampung Yunggwi, Distrik Wanwi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, mengibarkan bendera Merah Putih bersama Satgas Yonif MR 412/BES Kostrad. (Foto: Dispenad)

beritaenam.com, Jakarta – Warga Kampung Yunggwi, Distrik Wanwi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, menyerahkan alat perang berupa busur dan panah kepada Satgas Yonif MR 412/BES Kostrad dan disertai dengan pengibaran bendera Merah Putih itu. Aksi itu menjadi bukti tekad dan komitmen kesetiaan mereka kepada NKRI.

Dansatgas Yonif MR 412/BES Kostrad, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, mengatakan, deklarasi setia NKRI tersebut didorong oleh kesadaran warga.

Sebagai mahkluk sosial, mereka menyadari harus bisa hidup tertib, saling peduli antarsesama, bergotong royong dan melaksanakan hal-hal lain dalam kerangka NKRI.

“Warga mendeklarasikan kesetiaannya kepada NKRI Jumat kemarin (26/4/2019), saat bakti sosial di Distrik Wanwi,” kata Eko Bintara dalam keterangannya, Sabtu (27/4/2019).

Eko mengatakan, Satgas menggelar bakti sosial karena didorong rasa empati dan peduli terhadap kondisi warga setempat. Hal ini berawal dari laporan patroli keamanan mengenai kondisi warga Distrik Wanwi.

Sembari melaksanakan patroli keamanan, mereka mengamati kondisi warga. Mereka pun segera memberikan bantuan jika memungkinkan diberikan pada saat itu, seperti di Kampung Yunggwi.

“Di Kampung Yunggwi, kualitas kesehatan warganya memprihatinkan. Anak-anak mengalami kekurangan gizi dan orang dewasa mengalami gangguan pencernaan,” kata lulusan Akmil tahun 2001 itu.

Stafnya segera menindaklanjuti dengan menggelar kegiatan bakti sosial. Mereka memberikan bahan makanan mengandung gizi dan protein tinggi serta pelayan kesehatan.

Eko menegaskan, keberadaan satgas tidak hanya menjaga keamanan wilayah dari potensi konflik, namun juga melaksanakan tugas kemanusiaan. Satgas memberikan bantuan untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh warga.

“Setelah penyerahan bantuan bahan makanan secara simbolis kepada Bapak Merius Kogoya dan pelayanan kesehatan, kegiatan dilanjutkan dengan deklarasi kesetiaan kepada NKRI berupa pengibaran bendera Merah Putih dan penyerahan alat perang mereka,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan pelayanan kesehatan yang dipimpin oleh dokter Satgas Letda Ckm dr Rio Putra Pamungkas, dilakukan terhadap sekitar 100 orang. warga didominasi ibu-ibu, anak dan lansia.

Sementara itu, Kepala Kampung Yunggwi, Mentinus Kogoya, berterima kasih kepada satgas karena menyelenggara kegiatan itu.

Mereka merasa terharu dam sangat terbantu oleh TNI. Warga berharap Satgas senantiasa berada di tengah-tengah mereka.

“Kehadiran TNI sangat bermanfaat untuk mengajarkan pola hidup yang lebih baik kepada kami,” katanya.

Exit mobile version