Site icon Beritaenam.com

Gempa Donggala: Jaringan Komunikasi Putus, PLN Tak Bisa Pasok Listrik

Tsunami Melanda Palu dan Donggala Pasca Gempa Bumi Donggala Sulteng.

Beritaenam.com, Donggala – Tsunami dan Gempa Palu Sulawesi Tengah mengakibatkan jaringan telekomunikasi di Donggala, Sulawesi Tengah, dan sekitarnya tidak dapat beroperasi. Selain itu pasokan listrik PLN terputus pascagempa tektonik 7,4 SR, Jumat (28/9/2018).

Hasil pemantauan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika terdapat 276 base station yang tidak bisa digunakan. Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu data itu diperbarui, Jumat (28/9/2018) pukul 18.00 WIB.

Operator telekomunikasi berupaya memulihkan pasokan listrik dengan menggunakan Mobile Backup Power (MBP) dan menunggu pulihnya jaringan listrik dari PLN.

“Menteri Kominfo Rudiantara telah menugaskan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit guna mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya,” katanya, seperti dilansir dari Antara

Sebelumnya, Kementerian Kominfo dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengirimkan informasi gempa bumi melalui SMS ke pengguna ponsel di daerah Donggala.

SMS Blast dikirimkan sebanyak tujuh kali. Adapun SMS peringatan dini tsunami telah dikirim pada pukul 17.02 WIB.

Exit mobile version